Peringati Hari Anak Nasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak-PINTI Gelar Bakti Sosial

KUPANG, suarapembaharuan.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berkerja sama dengan PINTI ( Perempuan Perhimpunan Indonesia Tionghoa ) PUSAT mengadakan Baksos Pemeriksaan Kesehatan Anak, dalam acara serangkaian memperingati Hari Anak Nasional berupa Pembagian obat Vitamin dan Obat Cacing yang berlangsung pada tanggal 7-8 Oktober 2024 di kota Kupang dan Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur .



Adapun tim dokter kesehatan dari PINTI  yang bertugas adalah dr. Metta Agustina , MARS ,dr .Widiawaty ,MM dan dr .Maria Devi Arianti dan Pembina PINTI Ibu Lisa Tanjung .


 Kegiatan Baksos Pemeriksaan ini dilaksanakan di SLBN Pembina Penfui dan SLBN Kota Radja Kupang sejumlah 150 peserta didik .Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan dari PINTI kepada Anak Anak Berkebutuhan Khusus (ABK ) yang ada di kota kupang .


Dr Metta Agustina selaku Ketua PINTI PUSAT  menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi kesempatan yang memungkinkan membentuk ikatan tali persaudaraan di antara semua yang terlibat sebagai sesama anak anak ibu pertiwi .


Banyak dari kita melupakan  Anak Berkebutuhan Khusus (ABK ) padahal kita sadari mereka memiliki potensi besar  untuk dapat dikembangkan menjadi Generasi Emas Indonesia .


Setiap anak adalah anugerah yang membawa harapan dan potensi besar untuk masa depan bangsa


Anak berkebutuhan khusus, karena mereka juga adalah Generasi Emas Indonesia. Dalam UU No 35 Tahun  2014 tentang Perlindungan Anak, dan juga telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2021 tentang Perlindungan Khusus Anak, sudah diamanatkan untuk melakukan upaya perlindungan khusus anak terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).


Apapun kondisi anak, mereka punya hak untuk hidup, berinteraksi, bersekolah dan lain-lain. Pemerintah wajib memenuhi hak-hak setiap anak, dan pemerintah berkewajiban  melindungi setiap anak dari berbagai bentuk diskriminasi dan kekerasan. 


Pada hari kedua baksos kesehatan anak dilaksanakan di SMP 1 kupang yang dihadiri sejumlah 350 anak yang terdiri dari Anak PAUD ,SD dan SLTP.


Selain mengadakan kegiatan baksos pemeriksaan kesehatan ini, juga diadakan Sosialisasi Pencegahan Stunting  oleh Forum Anak ,Edukasi Pangan Jajan Sehat oleh Badan POM Kupang .


Dan pada kesempatan ini Ibu Bintang Puspayoga selaku mentri KPPA menyapa dan berdialog dengan anak anak secara zoom.


Turut hadir pada acara ini Ciput Eka Purwianti S.Si, MA selaku Ass Deputi Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kemen PPPA RI.


Mesakh S Elfeto Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kupang Provinsi NTT ,Theo Widodo Ketua Pengurus Daerah INTI  NTT dan Tim PPPA Provinsi NTT beserta orang tua murid ,para guru dan tenaga kependidikan.


PINTI berharap kegiatan ini tidak sampai disini tidak hanya di kota Kupang saja ,PINTI berharap di masa akan datang dapat berpartisipasi menberikan energi positif  serta berkontribusi menyiapkan anak anak  sebagai langkah penting untuk mencapai Generasi Emas Indonesia 2045.


Kategori : News


Editor     : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama