Menuju Indonesia Emas, Alpenindo Siapkan SDM Unggul

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Dalam menuju mewujudkan Indonesia Emas 2045, Alumni Penabur Indonesia (Alpenindo) yang tersebar luas tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul di lingkup alumni dari berbagai angkatan.


Foto : Jajaran kepengurusan Alumni Penabur Indonesia (Alpenindo) bersama Dewan Kehormatan dan Dewan Pengawas berfoto bersama usai pelantikan pada Senin, 30 September 2024 (Alpenindo)

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Prof. Dr. Ariawan Gunadi S.H., M.H., usai dilantik bersama jajaran kepengurusannya di Hall Penabur International School Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin 30 September 2024.


Sebagai generasi muda dan kesibukannya sebagai profesor dan Ketua Yayasan Tarumanagara, ia merasa tetap terpanggil. Menurutnya, ini suatu kolaborasi yang baik sehingga kinerja mendapatkan pengawasan dan dukungan dari BPK Penabur. 


"Kita akan menyongsong Indonesia Emas, yang jadi keyword adalah SDM yang berdaya saing. Alumni Penabur tersebar luas dari Sabang sampai Merauke dan luar negeri, bagaimana memiliki impact, memiliki legacy. Kita sebagai alumni Penabur kiprahnya bisa lebih lagi untuk Indonesia Emas," kata Ariawan.



Untuk mewujudkan itu, pihaknya juga akan menjalin koordinasi dan komunikasi antar angkatan, serta dengan Yayasan BPK Penabur, tempat mereka menimba ilmu saat masih sekolah.


"Kami akan kolaborasi lintas angkatan, baik senior maupun junior, dengan arahan Ketua Dewan Kehormatan Pak Enggar juga kolaborasi dengan Ketua Yayasan (BPK Penabur) Pak Adri. Dengan bekerja keras, tentu linier dengan yang digariskan BPK Penabur," ujar Ariawan yang kini berprofesi sebagai Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara dan Profesor Tetap Bidang Ilmu Hukum Bisnis Universitas Tarumanagara.


Dikukuhkannya Ariawan Gunadi, diharapkan juga dapat memimpin Alpenindo menuju era baru yang lebih inovatif dan berorientasi pada kolaborasi. 


“Saya merasa terhormat mendapat kepercayaan untuk memimpin organisasi ini. Bersama, kita akan memperkuat jaringan alumni dan solidaritas untuk berkontribusi positif bagi masyarakat,” ujarnya.



Sejumlah tokoh alumni turut hadir di acara ini, antara lain Enggartiasto Lukita yang pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan era pemerintahan Jokowi - JK. Dalam kepengurusan Alpenindo, Enggar diberi amanah sebagai Ketua Dewan Kehormatan memberikan masukan untuk kemajuan dan keberlangsungan Alpenindo ke depan. Ia berpesan kepada kepengurusan saat ini untuk menelurkan alumni yang kelak bisa menjadi pejabat publik seperti dirinya dahulu.


"Jangan hanya saya lah. Karena lahan pengabdian kita banyak, dari sisi keilmuan katakanlah lulusan BPK Penabur memang tangguh, terdepan dan kita selalu dapatkan ranking satu. Sekarang saya meminta tolong untuk melahirkan pejabat-pejabat publik," kata dia.


Diakui, sudah saatnya alumni BPK Penabur berbuat yang nyata untuk kepentingan sekolah dan bangsa. Ia pun bersyukur bahwa 


Acara pelantikan yang mengambil tema "Connect – Collaborate – Innovate” tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk sambutan dari para tokoh alumni dan pertunjukan seni budaya Indonesia.


Momen ini merupakan kesempatan bagi para alumni untuk berkumpul, berbagi pengalaman, dan membangun koneksi yang lebih erat. Dalam acara tersebut, sekaligus dirayakan HUT ke-7 Alpenindo.


Sementara Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi mengajak para alumni Penabur untuk selalu membantu pada masyarakat yang membutuhkan. Pihaknya bekerjasama untuk beberapa hal yang penting. 


"Bantu mereka yang membutuhkan kesejahteraan dan pelayanan kesehatan lebih baik, bantu kualitas pendidikan di Indonesia, bantu buka lapangan kerja yang lebih banyak, bantu wujudkan lingkungan hidup yang lebih baik dan bantu pencegahan stunting yang jadi sebuah persoalan bangsa. Kalau kita narasikan, kita akan sulit. Tapi jika alumni Penabur mau gotong royong, kita akan mampu lalukan semua itu," pungkas Adri Lazuardi yang juga dipercaya sebagai Ketua Dewan Pengawas Alpenindo.


Berikut Susunan Kepengurusan Alpenindo:


Dewan Kehormatan

Ketua : Dr. (HC) Drs. Enggartiasto Lukita

Wakil Ketua I : Indra Gunawan Masman, 

Wakil Ketua II : Jahja Setiaatmadja

Sekretaris : Jasin Tedjasukmana

Anggota : Henry Kurniawan


Dewan Pengawas

Ketua: Adri Lazuardi

Wakil Ketua I : Willy Suwandi Dharma

Wakil Ketua II : Eka Putra Wirya

Sekretaris : Alexander Thobias Yulius Siahaya

Anggota : Syonanto Wijaya


Pengurus

Ketua Umum: Prof Ariawan Gunadi

Wakil Ketua Umum: Budijanto Jutanti Gunawan

Wakil Ketua Umum: Martin Santoso

Wakil Ketua Umum: Alva Manuel Tumilisar

Wakil Ketua Umum: Aries Wimaruta

Wakil Ketua Umum: Lim Hendra Irawan

Wakil Ketua Umum: Lukas Setiawan

Wakil Ketua Umum: Okar Jahja

Wakil Ketua Umum: Anton Canon Wardaya

Wakil Ketua Umum: Tjeng Soey Sujono

Kepala Badan Kepakaran & Pengembangan Usaha: Sutedja Sidarta Darmono

Sekretaris Umum: Steven Nigel Bunalven

Wakil Sekretaris Umum I: Annie Anggraeni

Wakil Sekretaris Umum II: Karnadi Nawawi

Bendahara Umum: Juan Matheus,

Wakil Bendahara Umum I: Jefri Yusuf

Wakil Bendahara Umum II: Dian Sadeli

Wakil Bendahara Umum III:

Melvin Lim


Kategori : News


Editor     : AHS





- (kiri ke kanan) Ketua Dewan Kehormatan Enggartiasto Lukita, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Alpenindo Prof Ariawan Gunadi dan Ketua Dewan Pengawas sekaligus Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi. (Alpenindo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama