Empat Putra Sumut Tercatat Dalam Buku “Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia”

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Majalah PELUANG kembali menerbitkan buku mengenai perkoperasian. Jika sebelumnya sukses dengan 4 sekuel 100  Koperasi Besar Indonesia, pada 2024 ini terbit buku baru dengan judul "Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia" dengan penulis yang sama, yaitu Irsyad Muchtar, yang berlangsung di Kuningan Hotel Jakarta, Kamis (10/10/2024).



Tidak ketinggalan pada peluncuran buku "Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia" ini, terdapat empat putra Sumut, yakni Tumbur Naibaho (Pangururan), Kamaruddin Batubara (Mandailing Natal), Abiyudin Waruwu (Nias) dan Sutrisno (Medan) sebagai orang Koperasi. 


Bahkan Tumbur Naibaho didapuk menjadi Tokoh koperasi 2024 dari klaster Simpan Pinjam, sementara Kamaruddin Batubara menyabet predikat Tokoh koperasi 2024 dari klaster Koperasi Syariah.


Sejumlah orang koperasi yang dihimpun dalam buku ini yang terdiri dari para pemimpin dan para manajer adalah sosok dengan talenta yang tidak biasa. Mereka mampu  mengkapitalisasi dukungan anggota dan berinovasi sesuai perkembangan zaman sehingga koperasi yang mereka pimpin mampu bersanding dengan usaha skala besar.  



Buku “Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia” memotret pergulatan aktor-aktor koperasi dalam dinamika sosio kultur dan sosio ekonomi politik di tanah air. Cerita kegigihan para pendiri dan penerusnya dalam mempertahankan keberlanjutan usaha menjadi dokumentasi sejarah yang bakal berguna dalam menavigasi perkembangan koperasi ke depannya.


“Buku Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia merekam perjuangan orang-orang hebat  koperasi di tengah arus zaman yang seringkali tidak berpihak pada mereka dan hebatnya tetap bisa eksis hingga kini. Semoga diluncurkannya buku ini menjadi ventilasi di tengah pekatnya sistem kapitalisme yang makin menjauhkan cita-cita para founding father untuk kesejahteraan rakyat,” ujar Irsyad Muchtar, penulis buku sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Peluang di Jakarta usia peluncuran buku.



100 Orang Koperasi yang diulas dalam buku ini komprehensif mewakili ragam jenis koperasi yakni koperasi kredit, produsen, konsumen, dan simpan pinjam baik yang konvensional maupun syariah. Orang-orang yang punya concern dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan via koperasi seperti Prof. Sri Edi Swasono, Romanus Woga dan Dr. Ferry Juliantono turut dibahas.


Acara peluncuran buku diiringi dengan penganugerahan penghargaan kepada orang-orang koperasi yang dinilai telah berjasa memajukan lembaga soko guru ekonomi. Ini merupakan apresiasi dari Majalah Peluang atas peran nyata orang-orang tersebut dalam mengembangkan ekonomi berbasis koperasi. 


“Kami memberikan apresiasi kepada orang-orang yang telah berjasa memajukan usaha koperasi. Semoga penghargaan ini dapat memberi inspirasi bagi penerima dan yang lain untuk terus membuat ekonomi berbasis gotong royong ini relevan di tengah kepungan modal dan teknologi,” pungkas  Irsyad.


Kategori : News


Editor     : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama