Cegah Osteoporosis, Yuk Jaga Kesehatan Tulang Anda

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Masyarakat diimbau untuk sadar akan kesehatan tulang guna mencegah osteoporosis, yaitu di mana kepadatan tulang secara perlahan berkurang, sehingga tulang menjadi lemah dan rentan akan fraktur (patah tulang) hingga terjadinya  pengeroposan tulang.



Dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) dan Dunia tahun 2024, Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia  (Perwatusi), bersama Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) serta didukung oleh Entrasol , mengajak  semua lapisan masyarakat untuk  bersama-sama mengajak dan memahami pentingkan menjaga kesehatan tulang.


Ketua Umum Perwatusi Anita A. Hutagalung mengatakan, selama ini banyak lapisan masyarakat kurang memahi akan pentingnya kesehatan tulang. Padahal  kesehatan tulang sangat penting untuk terus terjaga dengan baik. Tulang bagi manusia sangatlah vital, sebagai pondasi manusia untuk dapat bergerak bebas. 


"Jika tulang kita tidak sehat, dan terkena osteoporosis. Akan sangat menggangu aktivasi kita sehari-hari. Karena itulah pentingnya kita selalu menjaga kesehatan tulang kita," ujar Anita di Jakarta, Senin (21/10/2024).


Menurutnya osteoporosis selama ini dianggap hanya dialami oleh para lansia saja. Tetapi faktanya osteoporosis bisa juga dialami kalangan usia muda.  Hal itu bisa saja terjadi, jika kita memang kurang memahami betapa pentingnya kesehatan tulang.


Untuk itulah pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat untuk mendektiksi lebih dini kesehatan tulang mereka. Seperti dengan memeriksa kesehatan atau kondisi tulang  mereka ke rumah sakit, klinik kesehatan, ataupun lembaga serta perkumpulan yang mewadahi kesehatan tulang.


Hal senada diutarakan Ketua Umum PB. Perosi Dr.dr. Tirza Z . Tamin. Sp.KFR,M.S. (K),FIFM ( USG), yang menegaskan, masyarakat luas perlu tahu tentang ancaman osteoporosis. 


Menurutnya, Perosi sebagai wadah dari para seminat dari para dokter yang mendalami bidang osteoporosis mendukung upaya  berbagi pihak, seperti Perwatusi dan PYB serta Entrasol yang terus menggelorakan upaya kesedaran masyarakat akan kesehatan tulang serta ancaman osteoporosis.


Pihaknya berharap semua pihak untuk lebih giat lagi melakukan upaya ini, karena masyarakat harus tahu, banyak lansia  mengalami kesulitan melawan  osteoporosis.


"Karenanya perlu upaya pencegahan lebih dini untuk  menghindari  ataupun meminimalisir  gangguan osteoporosis nantinya," ungkapnya.


Pihaknya juga mengingatkan, kepada masyaraat khususnya kaum wanita, yang memang lebih rentan mengalami osteoporosis. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti tulang wanita lebih kecil dari pria dan faktor menepause yang dialami wanita.



Filda Yusgiantoro dari Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) menambahkan, pihaknya selalu konsen dan mendukung hal-hal   yang bersifat edukasi untuk mendukung kegitan yang mengakut masalah kesehatan dan  lainnya.


Menurutnya PYC  menilai apa yang dilakukan Perwatusi sangat membantu masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka,  khususnya kesehatan tulang. 


"Tulang  memang menjadi  pondasi kita untuk bergerak. Karenanya  penting menjaga kondisi kesehatan tulang, serta perlu diketahui sejak dini kesehatan tulang kita," ujarnya pula.


Business unit Head  Entrasol, Dessyana, mengatakan pihak selaku produsen dari susu berkalsium tinggi yang menjaga kesehatan tulang sangat mendukung upaya menjaga kesehatan tulang, untuk.mencegah osteoporosis.


Entrasol adalah susu yang dapat digunakan untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Memiliki kandungan kalsium yang tinggi ditambah dengan Profit formula (power bone dan hytolive) yang membantu kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.


Dessyana mengatakan, “Entrasol berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat Indonesia hidup lebih sehat, aktif, dan produktif di masa kini dan nanti. Melalui kolaborasi kami dengan PERWATUSI dalam puncak acara Hari Osteoporosis Nasional 2024, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup bergerak aktif dan konsumsi nutrisi yang tepat setiap hari. Nutrisi yang baik tidak hanya mendukung kesehatan tulang sebagai penyangga tubuh, tetapi juga organ pendukung lainnya seperti otot dan jantung. Kami percaya bahwa dengan upaya bersama dalam menyehatkan bangsa, kita akan terus bertumbuh menciptakan generasi yang sehat, kuat dan tangguh, sejalan dengan mimpi besar Indonesia Emas dan tujuan keberlangsungan global yang tertuang dalam SDGs ketiga, yaitu good health and well-being.” 


Sebagai tambahan nutrisi setiap hari, Entrasol menghadirkan produk dengan nutrisi lengkap yang menjaga kesehatan sinergi antara tulang, otot dan jantung yaitu Entrasol Gold dengan Pro-Fit Formula, susu tinggi kalsium, vitamin D dengan ekstrak buah zaitun. Kombinasi unik formula ini dapat membantu penyerapan kalsium lebih baik sehingga mendukung proses pembentukan dalam remodelisasi tulang menjadi lebih cepat dan mempertahankan kepadatan tulang sehingga tidak mudah keropos, serta dilengkapi kandungan tinggi serat, omega 3 dan 6, serta tanpa penambahan gula. 


Ekstrak buah zaitun dengan kandungan zat aktif Hydroxytyrosol memiliki manfaat antioksidan 4x lebih kuat daripada vitamin C dan anti inflamasi alami yang mampu menangkal radikal bebas, mendukung kesehatan tulang, membantu mencegah osteoporosis, dan membantu menjaga kesehatan jantung.


Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI), berkolaborasi dengan Entrasol, akan menyelenggarakan acara puncak peringatan Hari Osteoporosis Nasional 2024 bertajuk "Gerakan Bersatu Peduli Tulang Kuat Indonesia". Acara tersebut akan berlangsung pada Minggu, 27 Oktober 2024, di Plaza Utara Gelora Bung Karno, Jakarta. Tujuan utama acara ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tulang sejak dini untuk mencegah terjadinya osteoporosis, penyakit yang kerap terabaikan namun berdampak besar pada kualitas hidup. 


Acara puncak ini menghadirkan berbagai aktivitas edukatif dan kesehatan sepanjang hari. Rangkaian acara meliputi senam bersama, talk show kesehatan, dan berbagai kegiatan interaktif lainnya yang dirancang untuk memberikan informasi sekaligus mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kesehatan tulang. Kolaborasi antara berbagai pihak dalam acara ini menegaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan tulang di Indonesia.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama