Petenis Rifqi Taklukkan Unggulan Kelima

BALI, suarapembaharuan.com - Petenis Indonesia, Rifqi “Tole” Fitriadi akhirnya mampu meraih kemenangan pertamanya setelah empat bulan cedera, Selasa (3/9/2024). Pada babak pertama kejuaraan ITF M25 berlabel Mens World Tennis Championship 2024, Tole berhasil menumbangkan unggulan kelima, Bogdan Bobrov. 



Berlaga di Bali National Tennis Center, Nusa Dua, Tole membutuhkan dua setengah jam untuk memungkasi pertarungan, 4-6, 6-4, 6-1.


Tertinggal satu set, Tole menemukan kepercayaan dirinya di penghujung set kedua. Dua break memberinya tiga game untuk menyamakan kedudukan. Kegemilangan berlanjut, set pamungkas dalam kendali sepenuhnya.   


“Di awal set kedua, saya memang sempat terkena break lagi. Baru setelah itu, saya bermain dengan strategi building up, mulai dari belakang dulu sebelum melihat celah. Lawan juga tadi mulai kelelahan, mungkin karena cuaca yang panas. Momentum ini sangat-sangat krusial,” papar Tole, peringkat 973 ATP. 


Tole hanya mengizinkan Bobrov menjaga satu servis di set pamungkas. Saat terik meninggi, ia menghidangkan sebiji bread stick.


“Lawan memanggil medis dua kali di set ketiga. Ini keuntungan yang saya butuhkan, tinggal menjaga momentum dan strategi. Alhamdulillah, bisa mengakhirinya dengan baik,” papar pemilik trofi seri ITF.



Pada babak kedua, Rabu (4/9), Tole meladeni petenis Australia, Sam Ryan Ziegann. Sekalipun lebih unggul tiga ratus strip dalam daftar peringkat dunia, tunggal putra terbaik Merah Putih ini enggan meremehkan. 


“Di kejuaraan berlevel ITF M25 seperti ini, kualitas petenis kualifikasi hampir sama dengan petenis yang langsung ke main draw. Bisa dibilang, kami setara. Besok pasti sengit juga,” ujar Putra Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Tole pun menjadi harapan terakhir tuan rumah untuk berjaya pada pekan kedua kejuaraan yang disponsori oleh perusahaan tambang ini. Tiga penerima wild card sayangnya mesti memupus asa pada babak pertama. 


Ketiganya dibekap wakil Eropa. Nathan Barki dikandaskan unggulan kedelapan asal Yunani, Stefanos Sakellaridis, 6-0, 4-6, 0-6. Gunawan Trismuwantara ditaklukan petenis kualifiasi asal Prancis, Antoine Berger, 4-6, 4-6. Anthony Susanto diatasi wakil kualifikasi dari Italia, Lorenzo Lorusso, 6-7(4), 5-7.


Demikian pula di sektor ganda, wakil tuan rumah pun harus pupus di babak pembuka. Duo Susanto, Anthony dan David Agung kalah dari pasangan alternate, Tanguy Genier (Swiss) /Ali Habib (Britania Raya) 3-6, 6-4, 7-10. Rifqi /Gunawan takluk dari unggulan kedua, Bobrov /Stefanos Sakellaridis 6-7(4), 2-6. Sementara Nathan Barki /Christopher Rungkat pupus di tangan unggulan ketiga, Jay Clarke /Felix Mischker (Britania Raya) 3-6, 4-6.


"Amman Mineral Men’s World Tennis Championship 2024 merupakan upaya mengembangkan pariwisata olahraga di Pulau Dewata. Dengan lokasi lapangan yang berada di kawasan wisata Nusa Dua, saya mengharapkan gelaran empat pekan ini mampu meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat," pungkas Direktur Turnamen, Lani Sardadi.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama