WGM Medina Belum Tunjukkan "Taringnya" di Dwi Tarung International JAPFA Chess Festival 2024

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Pecatur putri andalan Indonesia WGM Medina Warda Aulia belum berhasil memperbaiki performa usai tertinggal dengan skor 0,5 – 1,5 dari pecatur wanita berbakat asal Vietnam, WGM Vo Thi Kim Phụng, hingga babak 2 pertandingan catur standart (klasik) dwitarung Internasional Japfa Chess Festival 2024 di Gedung Serbaguna, GBK Senayan, Jakarta, Minggu (18/8/2024).



Sebelumnya pada babak pertama yang berlangsung Sabtu (17/8/2024), Vo Thị Kim Phụng berhasil menahan remis Medina Warda Aulia.


Pada Minggu petang, keduanya kembali bertemu di babak kedua, di mana Medina memegang buah putih sementara Vo Thị Kim Phụng memegang buah hitam dengan pembukaan Prancis.


Medina sempat tampil apik mendominasi pada awal babak kedua. Sampai babak pertengahan kedudukan berimbang dengan Medina lebih berpeluang namun itu tidak bisa bertahan jelang langkah-langkah akhir 57. Ketika Vo menawarkan pertukaran benteng. Posisi benteng hitam Vo di a4 Medina posisi benteng di f4 kalau tawarannya dimakan Medina, raja Vo lebih dahulu masuk ke ruang pertahanan Medina dan membuatnya tidak berkutik.


Sebagai pemain berpengalaman yang telah bertanding di berbagai turnamen internasional, Vo memiliki kemampuan untuk membalikkan keadaan, terutama di babak tengah dan akhir.


Inspektur Pertandingan Hendry Jamals mengakui, sampai babak 2 catur klasik masih terlihat Medina belum bisa bermain stabil dan untuk performa terbaiknya. “Mudah-mudahan disisi babak penampilannya terus membaik untuk mengejar ketertinggan dari Vo Thi Kim Phung, ” imbuh Hendry Jamals.



Vo Thị Kim Phụng, lahir pada 8 Juni 1993, dikenal sebagai salah satu pemain catur wanita terbaik yang dimiliki Vietnam.


Vo juga menunjukkan dominasinya di Kejuaraan Catur Usia Kelompok ASEAN. Ia sukses merebut medali emas di berbagai kategori usia, mulai dari Putri U-12 pada tahun 2004 hingga Putri U-20 pada tahun 2011, 2012, dan 2013.


Pada Januari 2018, ia mencapai peringkat tertinggi dalam karirnya dengan rating FIDE sebesar 2425, sebuah pencapaian yang luar biasa.


Katagori Open Mulai Ketat


Pada katagori JAPFA Chess Festival 2024 lainnya open, pecatur asal Kalimantan Tengah IM Yoseph T. Taher sementara berada dipuncak hingga babak 3 dengan raihan 3 point.


Yoseph masih mempertahankan full point setelah di hari minggu meraih 2 point menundukkan pecatur Aceh Jalaludin Al Mubarok dilanjutkan babak 3 unggul atas pecatur muda Jakarta MF Satria Duta Cahaya.


Yoseph unggul solkof atas 11 pecatur lainnya yang memiliki nilai sama antara MN Arief Rachman, MF Rian Kapriaga, Hudallah, Claudia, M Arief, IM Irwanto Sadikin, Iqra Muda, Zacky, Astian, Astoyo dan MF Hamdani Rudin.


JAPFA Chess Festival 2024 mempertandingkan 13 Kategori, memperebutkan hadiah total Rp324.900.000 berlangsung hingga 23 Agustus 2024.


Ke-13 Kategori tersebut adalah duel meet internasional, Kategori Senior Terbuka, Kategori Senior Putri, Kategori Veteran, Kategori Perusahaan/Instansi, Kategori Junior Putra (maksimal 2006), Kategori Junior Putri (maksimal 2006), Kategori Terbuka (Catur Kilat), Kategori Junior Putra (maksimal 2010), Kategori Junior Putri (maksimal 2010), Kategori Junior Putra (maksimal 2014), Kategori Junior Putri.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama