Tak Terkalahkan, Satria Juara Rapid Chess di JAPFA Chess Festival 2024

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Pecatur Jayakarta DKI Jakarta FM Satria Duta Cahaya sukses merebut gelar juara Rapid Chess (Catur Cepat) JAPFA Chess Festival 2024. Dalam pertandingan tujuh babak yang dimainkan di Wisma Serbaguna Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024), Satria meraih hasil sempurna 7 VP (Victory Poin). 



Tujuh pecatur yang ditaklukkan Satria yakni Benekditus Kevin, Juherza Adiwindra Akbar, Hambali, M Safenudin Perwiratama, FM Johan Gunawan, FM Deni Sonjaya, dan M Ariel. 


Ditemui usai pertandingan, Satria mengaku senang bisa meraih poin penuh dalam event yang diprakarsai PB Percasi pimpinan GM Utut Adianto dan PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk. 


“Saya senang bisa menyelesaikan pertandingan dengan sempurna dan menjadi juara. Tampil lebih tenang dan menyerang dengan baik itu menjadi kuncinya,” katanya.   


Anggota Tim Pelatnas Catur yang dipersiapkan menuju Olimpiade Catur di Budafest pada September 2024 ini mengaku persaingan di JAPFA Chess Festival 2024 ini cukup ketat. “Sampai babak keenam masih ada tiga pecatur yang full poin. Kalau saya tidak menang bisa terlempar,” katanya. 



Satria memang pantas menjadi Tim Olimpiade Catur Indonesa. Karena, di usianya masih 16 tahun mampu mengalahkan pecatur senior. “Saya sudah sering main di turnamen open dan sudah terbiasa lawan dengan pecatur yang lebih tua,” jelasnya. 


Posisi Duta lebih bagus dari para pesaingnya seperti juara katagori open standar IM Yoseph Taher, kemudian NM Sugeng Prasetyo, IM Nayaka Budhidharma dan NM Eri Purnama yang sama-sama menorehkan 6,5 poin.


Direktur Turnamen Hendry Jamal mengatakan, Satria memang pantas menjadi juara di JAPFA Chess Festival. “Satria itu pecatur potensial. Makanya, dia bisa masuk dalam Pelatnas Catur Olimpiade. Dia dan Thedora P Walukouw itu berada di klub catur Jayakarta binaan saya,” katanya. 


Selain memainkan laga catur cepat offline yang diikuti sekitar 520 pecatur dari 21 Provinsi, JAPFA Chess Festival 2024 juga memainkan laga duet meet online Internasional antara pecatur muda Indonesia GMW Ivana Maria T. Lasama melawan WIM Janelle Mae Frayna dari Filipina menyediakan total hadiah 1.000 USD Dari 3 babak partai rapid chess dan dua babak catur kilat (blitz), baik Ivana dan Janelle untuk sementara imbang 2,5 - 2, 5 VP.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama