Satgas Ops Damai Cartenz Kantongi Identitas 5 KKB Pembunuh Pilot Helikopter WN Selandia Baru

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Lima nama tersangka Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang menembak mati pilot helikopter PT Intan Angkasa Air Service, Mr. Glen Malcolm Conning asal Selandia Baru, Senin (5/8/2024) telah dikantongi pihak kepolisian.


Kasatgas Satgas Ops Damai Cartenz 2024, Kombes Pol. Bayu Suseno.ist

Kasatgas Satgas Ops Damai Cartenz 2024, Kombes Pol. Bayu Suseno mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan maka identitas pelaku sudah diketahui.


Yaitu, Perintakola Lokbere Alias Malas Lokbere Alias Malas Gwijangge, Jeri Wandikbo, Irisim Gwijangge, Jaka Gwijangge dan Analuk Amisim.


"KKB ini terdiri dari 5 orang dan diduga mereka berasal dari KKB pimpinan Perek Jelas Kogoya yang bermarkas di Yuguru Kabupaten Nduga," kata Kombes Pol Bayu Suseno.


Sebelumnya, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 juga mengungkapkan kelompok KKB ini ternyata sudah berada 10 hari di lokasi kejadian sebelum menembak pilot Glen Malcolm Conning.


“Berdasarkan keterangan saksi-saksi di lapangan, diketahui bahwa KKB ini berasal dari Nduga terlihat dari logat bicaranya dan sudah berada di lokasi selama seminggu sebelum melakukan pembunuhan,"  kata Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol. Faizal Ramadhani.


Dijelaskan bahwa bahwa berdasarkan hasil olah TKP, ditemukan beberapa lubang peluru di beberapa titik pada badan helikopter.


“Ya benar, berdasarkan hasil olah TKP, kami menemukan bahwa terdapat 9 lubang peluru pada bagian badan helicopter antara lain pada kaca atas, bagian rotor, baling-baling dan ekor helicopter. Selain itu kami juga menemukan 6 selongsong peluru kaliber 5,56 mm di sekitar helicopter tersebut. Jenazah pilot ditemukan berada di dalam kokpit helikopter sebelah kiri,” kata Brigjen Pol. Faizal Ramadhani.


Kategori : News


Editor      : RAS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama