Puan: APBN Alami Koreksi Dalam Akibat Krisis Global

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyoroti krisis global telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan nasional. Mulai dari ketahanan kesehatan, sosial, pangan, energi, hingga ekonomi.


Ketua DPR Puan Maharani. Ist

"Gejolak dan ketidakpastian global tersebut berdampak langsung terhadap kehidupan kita sebagai bangsa dan negara," ujar Puan.


Ia mengatakan itu saat membuka masa persidangan pertama tahun sidang 2024-2025 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta. 


Bahkan kehadiran pemerintahan dalam menyelamatkan kehidupan rakyat pun, menurut Puan, seolah diuji.


Menurutnya, APBN, yang menjadi salah satu instrumen strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan negara, turut terkena dampak dari situasi global ini. Adanya koreksi yang sangat dalam terhadap ruang fiskal membuat pemerintah harus mengambil langkah-langkah sulit.


"Penurunan penerimaan perpajakan dan kebutuhan belanja subsidi yang meningkat sangat besar telah memaksa kita untuk menempuh pilihan pahit dengan penarikan utang yang sangat besar," terang Puan.


Meski menghadapi berbagai tantangan, Puan mengapresiasi gotong royong dan kerja sama seluruh pemangku kepentingan serta elemen bangsa dalam menghadapi krisis ini. 


Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi, termasuk DPR RI, Pemerintah Pusat, Pemerintahan Daerah, TNI, POLRI, BUMN, swasta, UMKM, dan seluruh rakyat Indonesia.


"Terima kasih kami ucapkan atas gotong royong, kerja bersama seluruh pemangku kepentingan; DPR RI, Pemerintah Pusat, Pemerintahan Daerah, TNI, POLRI, BUMN, Swasta, UMKM dan seluruh rakyat, perekonomian nasional berangsur pulih," ungkap Puan.


Puan juga menekankan bahwa capaian ini patut disyukuri bersama. Karena banyak pengalaman negara lain belum sepenuhnya pulih, apalagi ekonominya dapat tumbuh 5 persen tiap tahun.


Ia berharap agar semangat gotong royong terus dijaga, sehingga bangsa Indonesia dapat menghadapi tantangan ke depan dengan lebih baik dan solid.


Kategori : News


Editor      : YZS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama