Menkeu: Realisasi Belanja Negara Capai Rp1.638,8 Triliun, Tumbuh 12,2%

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melaporkan realisasi belanja negara hingga Juli 2024 masih on track, mencapai Rp1.638,8 triliun. 


Menkeu Sri Mulyani Indrawati.ist

Jumlah tersebut setara dengan 49,3 persen dari target APBN 2024 atau mengalami pertumbuhan sebesar 12,2 persen dibandingkan tahun lalu. 


Dari total belanja tersebut, belanja pemerintah pusat mengalami pertumbuhan sebesar 14,7 persen atau mencapai Rp1.170,8 triliun.


Terdiri dari belanja kementerian dan lembaga (KL) sebesar Rp588,7 triliun atau setara 54,0 persen dan belanja non-KL mencapai Rp582,1 triliun atau setara 42,3 persen dari target APBN.

 

Adapun penyaluran dana transfer ke daerah tercatat sebesar Rp468 triliun dan akan terus dioptimalkan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik, perlindungan sosial. Serta mendorong kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat daerah secara inklusif dan berkelanjutan.


Berdasarkan data tersebut, Menkeu mengindikasikan bahwa belanja negara yang belum mencapai 50 persen di bulan ke-7 tahun ini diperkirakan akan meningkat secara signifikan pada kuartal ketiga dan keempat, seiring dengan pembayaran kontrak-kontrak yang sudah terjalin.


“Inilah yang nanti akan menjadi dinamika antara pendapatan dan belanja yang harus kita jaga sampai akhir tahun,” ungkapnya.


Selanjutnya, Menkeu juga melaporkan tingkat keseimbangan primer yang tetap terjaga positif di angka Rp179,3 triliun, Meskipun angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu sebesar Rp394,6 triliun namun defisit negara pada Juli 2024 tercatat relatif baik.


Yaitu Rp93,4 triliun atau setara 0,41 persen dari target GDP. Selain itu, realisasi pembiayaan anggaran juga dilaporkan on track mencapai Rp217 triliun atau setara 41,5 persen dari pagu. 


“Pembiayaan kita juga masih relatif bisa terkendali, meskipun penerimaan kita mengalami tekanan karena penerimaan dari perusahaan, komoditas, dan lain-lain. Namun, belanja tetap terjaga dan defisitnya bisa kita jaga sehingga pembiayaan Rp217 triliun dari Rp522,8 triliun. Itu artinya 41,5 persen, atau  tumbuh 31,9 persen,” tegasnya. 


Secara keseluruhan, kata Sri Mulyani, pengelolaan APBN tahun ini menunjukkan dinamika yang sangat tinggi di tengah tantangan domestik dan global. 


Begitupun, Menkeu tetap optimis terhadap belanja dan defisit yang tetap terjaga. Menunjukan kinerja positif pemerintah dalam menjaga kesejahteraan rakyat melalui berbagai program perlindungan sosial, pendidikan, dan kesehatan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi.


“Dinamika global tinggi, dinamika di dalam negeri juga tinggi, kegiatan ekonomi masih cukup banyak yang positif, dari produksi maupun demand dan penerimaan pajak kita mulai membaik. Meskipun tekanan dari penerimaan komoditas masih terasa, tetapi belanja relatif on track,” tutupnya.


Kategori : News


Editor      : YZS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama