Koperasi KPI Gandeng Pemko Medan untuk Perkuat Koperasi di Kota Medan

MEDAN, suarapembaharuan.com – Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan menyambut positif langkah terobosan Koperasi Jasa Keluarga Pers Indonesia (Koperasi KPI) dalam melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) serta Advokasi dengan menggandeng koperasi-koperasi di Kota Medan. Upaya ini bertujuan memperkuat dan melindungi koperasi-koperasi yang ada di wilayah tersebut.



Koperasi KPI, sesuai program dan timeline yang telah ditetapkan, akan segera melaksanakan diklat terkait Permenkop Nomor 2 Tahun 2024 tentang Kebijakan Akuntansi Koperasi dan juga mengenai Usaha Simpan Pinjam Koperasi (Permenkop 8 Tahun 2022) Namun, langkah awal mereka adalah dengan memfasilitasi sosialisasi tentang Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang kemudahan, pelindungan, dan pemberdayaan koperasi serta Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). 


"Langkah awal kami, mengundang seluruh koperasi se-Kota Medan untuk sosialisasi terkait PP Nomor 7 Tahun 2021," ungkap Devis Karmoy, Ketua Koperasi KPI saat beraudiensi dengan Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Kota Medan, Jumat (2/8/2024).


Tidak hanya diklat, Koperasi KPI juga berencana menyosialisasikan perlindungan hukum bagi koperasi se-Kota Medan. Hal ini sebagai bentuk peran aktif Divisi Hukum dan Advokasi yang dimiliki oleh Koperasi KPI. "Ini penting karena kami menerima masukan bahwa banyak koperasi di Kota Medan kesulitan mengatasi pinjaman macet dari anggotanya," ujar Devis.


Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kota Medan, Erwin Saleh menyambut baik terobosan KPI dan menyatakan pihaknya sangat terbantu dengan kehadiran Koperasi KPI sebagai mitra strategis. "Ke depan, Insya Allah kita bisa berkolaborasi. Di sini juga sudah ada pakar-pakar yang siap bekerja sama dengan Koperasi KPI," kata Erwin yang didampingi oleh Katim Pengawasan, Slamet Riadi, dan Katim Kelembagaan, Frans Sidauruk.


Dalam  audiensi tersebut, Ketua Koperasi KPI, Devis Abuimau Karmoy didampingi Sekretarisnya Dedy Hutajulu, Kepala Divisi Hubungan Antar Lembaga Zulham Efendi, serta tiga orang konsultan koperasi mitra Koperasi KPI, yakni Fatimah Batubara, Mhd Nedy Afriadi, dan Ahmad Zhambava.


"Kami berharap, sinergi yang terjalin antara Koperasi KPI dan Pemerintah Kota Medan ini dapat memperkuat upaya koperasi di tanah air dalam menjaga kestabilan dan kemajuan ekonomi anggota serta menjadi contoh bagi daerah lain dalam pemberdayaan koperasi," pungkas Devis. 


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama