Japfa Chess Festival 2024 Diikuti 546 Pecatur

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Ajang Festival Catur Japfa 2024 yang diikuti sebanyak 546 pecatur dari 21 provinsi di Indonesia siap menciptakan para juara di kelasnya. Turnamen yang digelar di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, mulai 17-23 Agustus mendatang ini pun tengah menyiapkan pemain kelas dunia.



Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Grand Master Utut Adianto meyakini karena hadirnya peserta atau pecatur dari luar negeri ikut serta seperti dari Prancis, Malaysia dan Filipina. DItegaskan, mencetak pecatur hebat harus dilalui dengan memperbanyak turnamen.


"Saya bangga karena turnamen ini berlangsung tepat di momen hari Kemerdekaan RI ke-79 dan antusias peserta juga sangat besar dari festival yang ke-14 ini. Selai itu juga berbarengan dengan ulang tahun PB Percasi ke-74 dan Japfa membuat turnamen ini,” katanya saat membuka turnamen di Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8/2024).


Apalagi, lanjut Utut, sahabatnya Presiden Federasi Catur Asia, Sheikh Sultan Bin Khalifa Al Nahyan berkunjung ke Indonesia, sehingga disatukan di ajang Japfa Chess Festival 2024. Turnamen ini sendiri terdapat 13 kategori seperti beregu, senior putra-putri dan kelompok umur seperti tahun lalu yaitu senior terbuka, senior putri, U-18, G-18, U-14,  G-14, U-10, G-10, veteran, beregu, terbuka catur cepat, terbuka catur kilat dan dwitarung.


Presiden Federasi Catur Asia, Sheikh Sultan Bin Khalifa Al Nahyan yang hadir pada turnamen tersebut langsung mengapresiasi turnamen Japfa Chess Festival 2024. "Semoga turnamen ini menambah pengalaman Anda dan meraih prestasi yang baik,” ucapnya yang didaulat membuka turnamen bersama Utut.



Direktur Japfa Corporate Affairs PT Japfa, Rahmat Indrajaya menjelaskan, tahun ini Japfa Chess Festival dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya. Sejumlah rangkaian dilakukan untuk mengenalkan catur lebih jauh kepada masyarakat.


Turnamen yang digelar bersama Percasi ini menjadi ajang pemanasan bagi atlet menuju PON Aceh-Sumatera Utara yang akan digulirkan pada 8-20 September mendatang. Ini ajang try out peserta ke PON XXI, menjadi ajang nasional tahunan.


“Tahun ini Japfa Chess Festival sudah memasuki yang ke-14, jadi kami ingin buat berbeda dengan rangkaian kegiatan. Yang pertama kami buat Fun Chess Games, lalu Street Chess Challenge dan juga Chess Duel Match. Puncak dari festival yang ke-14 hari ini dimulai. Ada beberapa kategori pertandingan seperti catur cepat dan catur klasik,” papar Rahmat.


Turnamen ini dibuka catur cepat dalam partai duel meet catur putri Women Grand Master (WGM) Warda Aulia melawan WGM Vo Thi Kim Phung dari Vietnam. Medina berhasil memenangkan laga tersebut.


Kategori : News


Editor     : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama