Japfa Chess Festival 2024 Cetak Bintang Pecatur Muda

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Turnamen Japfa Chess Festival atau Festival Catur Japfa 2024 yang diikuti ratusan  pecatur dari puluhan provinsi di Indonesia akhirnya melahirkan atlet muda berkelas. Dua bintang baru yang meraih gelar juara pada turnamen yang mempertandingkan 13 kategori di Wisma Serbaguna Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, 17-23 Agustus 2024.



Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Grand Master (GM) Utut Adianto bangga lahirnya pecatur muda yang sukses meraih gelar juara pada turnamen Japfa Chess Festival 2024. Ia berharap mereka terus meningkatkan prestasinya sehingga bisa meraih prestasi internasional, bahkan bisa meraih gelar GM. 


"Saya terimakasih kepada PT Japfa Comfeed Indonesia yang telah bekerja sama dengan PB Percasi sejak 2002, termasuk menggelar festival catur untuk ke-14 kalinya ini. Dari sini sudah lahir Fide Master (FM), Internasional Master (IM), dan juga Grand Master (GM),” kata Utut saat penutupan turnamen di GBK Senayan, Jumat (23/8/2024).


Diakui, olahraga catur bisa menjadi profesi yang menjamin masa depan. Sebagai contoh, dia menyebut GM Gary Kasparov dan GM Magus Carlsen yang memiliki kekayaan fantastis.


“Magnus Carlsen itu tabungannya menembus 150 juta dolar AS atau setara Rp1,5 triliun. Ini menjawab banyaknya pertanyaan apakah catur itu bisa menjamin masa depan,” ungkap Utut.  


Direktur Turnamen Hendry Jamal menyebutkan, turnamen catur ini telah melahirkan FM Satria Duta Cahaya dari DKI Jakarta yang menjadi juara Rapid Chess dan WIM Ivana Lasama dari Papua juara kategori Blitz. 


“FM Satria Duta Cahaya itu masih berusia 16 tahun merebut gelar juara tanpa terkalahkan. Sedangkan Ivana Lasama menjadi pecatur putri pertama yang berhasil menjadi juara Blitz Chess. Ini kejutan,” ucap Hendri.


Direktur Corporate Affairs Japfa Comfeed Indonesia, Rachmat Indrajaya berharap turnamen ini dapat semakin menarik minat masyarakat akan olahraga catur. Ia mengapresiasi pecatur muda yang membuat kejutan dengan meraih gelar juara. Jalannya Japfa Chess Festival kali ini juga penuh kejutan dengan tampilnya FM Satria Duta Cahaya pecatur berusia 16 tahun sebagai juara Rapid Chess Open dan putri WIM Ivana Maria Lasama untuk Blitz Open.




“Sudah saatnya kita menambah pecatur-pecatur unggulan muda yang bisa terus mengharumkan nama Indonesia. Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap dapat membuka jalan untuk menemukan talenta baru dan mengasah kemampuan para pecatur,” pungkasnya. 


Selain memainkan laga catur catur standar, catur cepat dan catur kilat offline yang diikuti sekitar 520 pecatur dari 21 provinsi, Japfa Chess Festival 2024 hari ini juga memainkan laga duet meet online international antara pecatur muda Indonesia GMW Ivana Maria T Lasama melawan WIM Janelle Mae Frayna dari Filipina. Hari ini memainkan 3 babak partai rapid chess dan 6 babak catur kilat (blitz) Janelle Frayna unggul 6-3 vp dan berhak atas hadiah 600 USD, sedang Ivana mendapat 400 USD.


Berikut daftar juara 14th Japfa Chess Festival 2024


Kategori U-10 Tahun:


1. Shifania Aulia Cahyono (Yogyakarta) 7,5 VP


2. WNM Josephine Grace Rondonuwu (Jawa Timur) 7,5 VP


3. Beby Benita Sabana (Banten) 6,5 VP


Kategori U-14 Tahun : 


1. Muhammad Ali Al-Faruq (Yogyakarta) 7,5 VP


2. Kenny Horasino Bach (Yogyakarta) 7 VP


3. Almagro Hasian Gultom (DKI Jakarta) 6,5 VP


Kategori U-18 Tahun Putri: 


1. Quinsha Adinda Syahirah (Sumsel) 7 VP


2. Adeeba Izzah (Jawa Timur) 6,5 VP


3. Putri Hajarisma Azzahra (Banten) 6 VP


Kategori U-18 Tahun Putra :


1. Nathanael Db Simanihuruk (DKI Jakarta) 7 VP


2. NM Steven Tan (DKI Jakarta) 7 VP


3. Khalid Shafwan Azzamy (Kaltim) 6,5 VP


Kategori Beregu:

1. DLH Kuda Star 7 VP


2. DLH Adiwiyata 7 VP


3. PT DKU - BTS STAR 7 VP


Kategori Veteran :

1. IM Danny Juswanto (Banten) 7,5 VP


2. NM Hasian Panggabean 7,5 VP


3. NM Sunardi Sadeli (DKI Jakarta) 7 VP 


Kategori Senior Putri :

1. WCM Theodora P. Walukow (DKI Jakarta) 7,5 VP


2. WNM Nadya Anggraeni Mukmin (Jawa Timur) 7,5 VP


3. WIM Ivana Lasama (Papua) 7,5


Kategori Open:

1. IM Yoseph Theolifus Taher (Kalimantan Tengah) 8 VP


2. IM Nayaka Budhidharma (Jawa Timur) 8 VP


3. IM. Ariel (Jawa Barat) 7,5 VP 


Kategori Rapid:

1. FM Satria Duta Cahaya (DKI Jakarta) 7 VP


2. IM Yoseph Theolifus Taher (Kalteng) 6,5 VP


3. NM Sugeng Prasetyo (Banten) 6,5 VP


Kategori Blitz:

1. WIM Ivana Lasama (Papua) 7 VP


2. Surya Wahyu Perwiratama Mp (Jateng) 7 VP


3. IM Yoseph Theolifus Taher (Kalteng) 6,5 VP.


Kategori : News


Editor     : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama