IM Yoseph dan Theodora Berjaya di JAPFA Chess Festival 2024

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Tidak mudah dan butuh perjuangan yang panjang serta alot bagi IM Yoseph T. Taher yang akhirnya tampil sebagai juara standard open putra JAPFA Chess Festival 2024. Semua itu terjadi setelah pecatur yang akan membela bendera Kalteng di PON XXI menahan remis FM Hamdani, Rudin dari Jabar di Gedung Serbaguna, Senayan, Rabu (21/8/2024).



Dalam pertandingan pamungkas  babak sembilan Yoseph hanya membutuhkan tambahan nilai setengah lawan Hamdani untuk meraih gelar juara. Pasalnya, di babak delapan, ia mengalahkan GM Novendra Priasmoro dari DKI. Hal itu tentunya membuat kejutan mengalahkan pecatur yang sudah bertitel GM.


Atas kekalahan itu mental juang Novendra Priasmoro akan memperkuat tim DKI di PON mengalami penurunan. Begitu juga dengan Hamdani yang dikalahkan di babak sembilan. Dengan bermain remis Yoseph mengumpulkan nilai 8 VP tampil juara. Sedang Hamdani membukukan nilai 7,5 VP menempati urutan ke keempat.


Adapun urutan kedua diambil Nayaka Budhidarma dari Jatim yang juga mengumpulkan nilai 8 VP. Nayaka hanya kalah dalam nilai solkof lawan Yoseph. Sedang urutan ketiga dipegang M Ariel mengumpulkan nilai 7,5 menang nilai solkof lawan Hamdani yang melorot keurutan keempat setelah ditahan remis Yoseph.



Seusai pertandingan Yoseph mengaku puas dengan hasil juara di catur standard JAPFA Chess Festival 2024. Kendati begitu harus dievaluasi lagi, dengan harapan permainan bisa mencapai target. Apalagi untuk mengejar target meraih medali emas di PON XXI Sumut 2024.


“Tampil di PON XXI Sumut nanti, saya difokuskan bermain di ketegori beregu. Dengan begitu, sudah seharusnya menyuguhkan nilai optimal, bila ingin meraih medali emas, ” ujar Yoseph.


Sedang Ketua Bidang Pertandingan PB Percasi, Hendri Jamals mengatakan, pertandingan catur agenda tahunan JAPFA Chess Festival kali ini merupakan tolak ukur bagi para pecatur yang akan tampil di PON XXI Sumut nantinya.



"Bila pecatur bergelar GM mengalami kekalahan, dapat berpengaruh saat tampil di PON XXI. Sedang pecatur yang bergelar MI atau MF yang meraih kemenangan, mental juangnya lebih semangat lagi untuk meraih point yang optimal di pesta olahraga empat tahunan nasional nantinya," tambah Hendry Jamals.


Sedangkan pada  pertandingan lainnya di kategori senior putri, Theodora P Walukow dari DKI Jakarta, tampil juara setelah mengumpulkan nilai 7,5 VP, diikuti Nadya Anggraeni dari Jatim dengan 7 VP. Tempat ketiga diambil Ivana Lasama dari Papua dengan nilai 7 VP yang kalah nilai solkof atas Nadya.


Japfa Chess Festival ke-14 tahun 2024 yang diikuti 520 pecatur dsri 21 Provinsi masih memainkan partai catur cepat (rapid) dan catur kilat atau Blitz sebelum ditutup Jumat (23/08/2024).


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama