Diambil Dari Kisah Urban Legend Ditanah Jawa, Film Kromoleo #Teror1Malam Siap Tayang

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Rumah Produksi Imperial Pictures, Pilar Film, dan Umbara Brothers dengan bangga mempersembahkan film horor terbaru mereka, Kromoleo #Teror1malam. Film yang disutradarai oleh Anggy Umbara ini mengangkat legenda urban dari Jawa Tengah dengan pencapaian teknis yang mumpuni. Kromoleo #Teror1malam akan memulai debutnya di bioskop seluruh Indonesia pada 22 Agustus 2024.



Kromoleo #Teror1malam mengisahkan Zia (diperankan oleh Ratu Sofya), seorang wanita yang sejak kecil tinggal di kota dan terpisah dari keluarganya. Ketika Zia memutuskan untuk mengunjungi pemakaman ibunya di desa meski dilarang oleh kakeknya, Danang (Tio Pakusadewo), konflik pun terjadi. Kepala desa dan warga setempat menjadi cemas ketika kromoleo—sebutan untuk rombongan hantu pembawa keranda mayat—mulai meneror desa. Kromoleo dipercaya akan membunuh siapa pun yang menyaksikannya. 


Dalam perjalanan menuntut jawaban dari kakeknya mengenai alasan pelarangannya, Zia dan temannya, Dika (Abun Sungkar), berhadapan langsung dengan kromoleo dan mengungkap misteri yang telah lama tertutup. Zia dihadapkan pada keputusan emosional untuk mengakhiri teror tersebut.


Trailer resmi yang dirilis pada 11 Juli 2024 memperlihatkan kilasan awal mula kemunculan kromoleo di Desa Majenang pada tahun 1994. Film ini juga mengeksplorasi ilmu rawa rontek, ajian yang membuat seseorang kebal senjata dan tidak bisa mati selama masih berada di tanah. Dengan memadukan legenda urban dan latar waktu dekade 90-an, Kromoleo #Teror1malam menawarkan kombinasi kelokalan yang unik serta penuh nostalgia.


Sutradara Anggy Umbara mengungkapkan ketertarikan mendalamnya terhadap proyek-proyek dengan unsur lokal. 



“Local value selalu menarik untuk diangkat menjadi film. Selain membuka wawasan penonton secara lebih lebar dan mendalam, unsur kelokalan mempunyai kedekatan tersendiri dengan masyarakat Indonesia sebagai faktor human interest yang kuat di dalam cerita,” jelas Anggy.


Anggy menambahkan bahwa cerita dengan nilai lokal yang kuat bisa disignifikansi dengan pendekatan humanis. 


“Nilai-nilai kekeluargaan dan kisah Historical Tragedy/Incident yang pernah terjadi sangat bisa relate dengan masyarakat luas, khususnya penonton film dan pecinta horor Indonesia,” terangnya.


Kromoleo #Teror1malam adalah kolaborasi ketiga antara Ratu Sofya dan Anggy Umbara. Ratu mengaku mendapatkan pengalaman berharga dari proyek ini. 



“Di project ini, aku belajar banyak tentang karakterisasi sama Mas Anggy. Karena peran yang aku mainin cukup berbeda dibanding film-film sebelumnya, aku belajar banget gimana untuk bisa masuk ke karakter ini secara baik,” ujar Ratu.


Dia menambahkan ketertarikan bergabung dalam film ini karena naskah yang unik. 


“Cerita dan karakter yang aku mainin di sini tuh gong banget. Terlebih, aku juga suka banget sama film horor yang ada unsur action dan gore-nya, makanya aku pengin banget gabung di film ini,” tukasnya.


Produser Hartawan Triguna berharap Kromoleo #Teror1malam dapat menandingi kesuksesan film-film Anggy Umbara sebelumnya. 


“Di film ini, Anggy benar-benar menunjukkan kelebihan dan keterampilannya sebagai salah satu sutradara luar biasa yang dimiliki negeri ini. Hal ini akan sangat sayang jika dilewatkan oleh penonton Indonesia,” tegas Hartawan. 


Sementara itu Eksekutif Produser, Peter Surya Wijaya juga menambahkan film ini akan bisa sukses dan mampu menarik penonton untuk tahu kisah legenda di Tanah Jawa yang banyak beredar di masyarakat.  


“Untuk film komersial, saya mengharapkan yang terbaik di film Mas Anggy. Tapi, yang terpenting bagi saya adalah mengeksplorasi dan mengembangkan kebudayaan Indonesia ke layar lebar. Ini bukan sekadar film horor biasa. Ada nilai kekeluargaan dan cinta kasih yang bisa dipetik dan dibawa pulang oleh siapa pun setelah menontonnya.”


Kromoleo #Teror1malam dibintangi oleh aktor dan aktris berbakat seperti Ratu Sofya, Tio Pakusadewo, Abun Sungkar, Cornelio Sunny, Aline Fauziah, Rukman Rosadi, Totos Rasiti, Vonny Anggraini, dan Dayu Wijanto. Jangan lewatkan film horor yang akan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 22 Agustus 2024.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama