Di Konferensi Kepanduan Dunia di Mesir, Prof Ni’am Serukan Dukungan Kemerdekaan Palestina

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Wakil Ketua Kwarnas Bidang Kerja Sama Dalam Negeri dan Luar Negeri Asrorun Ni’am Sholeh menegaskan komitmen Indonesia dan Gerakan Pramuka mendukung hak-hak kemerdekaan rakyat Palestina. 



Komitmen tersebut disampaikan pada pertemuan bilateral dengan Delegasi Palestina yang dipimpin Mayor Jenderal Jibril Rajoub yang juga merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga Palestina pada Minggu (18/8/2024). 


Pertemuan bilateral tersebut dilaksanakan pada sela Konferensi Kepanduan Dunia yang diselenggarakan pada 17-23 Agustus 2024.


“Kami pastikan bahwa Indonesia dan seluruh Pramuka akan turut terus menerus mendukung perjuangan rakyat Palestina,” jelas Ni’am selaku Ketua Delegasi Gerakan Pramuka Indonesia yang disambut oleh Delegasi Palestina dengan hangat.


Pertemuan yang dipenuhi rasa persaudaraan tersebut menghasilkan beberapa hal yakni apresiasi atas dukungan Gerakan Pramuka dalam berbagai kesempatan dalam forum global tersebut serta rencana tindak lanjut kerja sama dalam kunjungan ke Jakarta pada November 2024 mendatang.


Dukungan terhadap rakyat Palestina tersebut dimanifestasikan melalui komitmen Gerakan Pramuka menyuarakan pemenuhan hak dasar rakyat Palestina dalam forum.


Di antara yang paling menonjol yakni inisiasi Gerakan Pramuka untuk mengajukan deklarasi solidaritas terhadap rakyat Palestina yang telah diadopsi dalam Konferensi Organisasi Kepanduan Muslim Internasional (IUMS) pada hari pertama konferensi.


Di tengah padatnya berbagai agenda konferensi yang diikuti 164 negara anggota, Delegasi Gerakan Pramuka menaruh salah satu perhatian utama pada menyuarakan solidaritas dan dukungan terhadap hak kemerdekaan rakyat Palestina.


Asrorun Ni’am dalam berbagai kesempatan konsisten menyampaikan komitmen dukungan penuh seluruh anggota Gerakan Pramuka pada pemenuhan hak-hak hidup paling dasar dan kemerdekaan rakyat Palestina.


Merespon positif dukungan Delegasi Gerakan Pramuka, Pimpinan Delegasi Palestina kemudian menyematkan syal Palestina sebagai bentuk apresiasi dan persaudaraan kepada Asrorun Ni’am.


Pada kesempatan itu pula Ketua Delegasi Gerakan Pramuka mengalungkan hasduk Gerakan Pramuka sebagai lambang persaudaraan dan solidaritas kepada Ketua Delegasi Palestina.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama