AMN Manado Dorong Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

MANADO, suarapembaharuan.com - Keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) diyakini mampu mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda Indonesia.



Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Utara, Steve HA Kepel, menegaskan bahwa pembangunan AMN Manado bukan sekadar proyek pembangunan fisik semata.


"Pembangunan AMN Manado bukan sekadar bangunan fisik semata tapi simbol komitmen kita terhadap pembangunan sumber daya manusia," ujar Steve Kepel.


Menurutnya, lebih dari itu, AMN diharapkan mampu menjadi tempat yang kondusif bagi mahasiswa untuk belajar, berkreasi, dan berkolaborasi, sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas SDM di wilayah tersebut.


AMN Manado, imbuh Steve, bersama dengan AMN di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Makassar, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya, bahasa, dan agama.


"Fasilitas ini diharapkan dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman dan sekaligus wadah untuk mempererat persatuan dan kesatuan di antara para mahasiswa, serta mempersiapkan mereka menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas," tambahnya.


Sebelumnya, Staf Khusus (Stafsus) Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny menyebut bahwa AMN Manado merupakan tempat kaderisasi bagi pemimpin masa depan bangsa.


Romo Benny menjelaskan AMN tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan mahasiswa.


"Di AMN para mahasiswa dapat mempelajari banyak hal, seperti beretorika, berorganisasi, membangun argumentasi dan opini publik. Sehingga AMN tidak hanya menjadi tempat istirahat, namun juga berkegiatan untuk memperkaya wawasan," ujar Romo Benny.


Dirinya menambahkan bahwa pendidikan inklusif seperti yang ada di AMN sangat dibutuhkan oleh Indonesia yang beragam dalam meningkatkan kualitas SDM.


"Jika ingin membangun Indonesia yang majemuk, kolaborasi melalui pendidikan bercirikan inklusif seperti ini sangat dibutuhkan, agar kualitas SDM yang berkarakter pun ikut meningkat,” tuturnya.


Realisasi pembangunan AMN tersebut menjadi simbol komitmen kuat dari Pemerintah RI melalui Badan Intelijen Negara (BIN) untuk terus mengembangkan SDM muda Indonesia. 


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama