Unimed Lakukan Pendampingan Kewirausahaan Bagi Anak Rehab Narkoba

MEDAN, suarapembaharuan.com - Tim dosen Unimed melaksanakan kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat dengan melakukan Pendampingan Kewirausahaan Bagi Anak Rehab Narkoba Sebagai Upaya Pengembangan Pendapatan Ekonomi Paska Asimilasi Di Yayasan Rehabilitasi Sosial Bahri Nusantara yang dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2024 serta 19 Juli 2024.



Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam membekali anak-anak yang sedang menjalani rehabilitasi narkoba dengan keterampilan dan pengetahuan dasar tentang kewirausahaan, sehingga mereka dapat mengembangkan usaha mandiri setelah proses rehabilitasi selesai. Ketua pelaksana kegiatan adalah Dr. Surya Dharma, S.Pd., M.Pd (Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), dengan 4 Dosen sebagai anggota pelaksana yaitu Dr. Jufri Darma, M.Si., Akt (Dosen Akuntansi), Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd (Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), Dr. Osberth Sinaga, M.Si (Dosen Pendidikan Seni Rupa), dan Sri Hadiningrum, S.H., M.Hum (Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dibantu Oleh mahasiswa yaitu Junaidi dan Ulfa Fatimah (Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan).


Pada tanggal 24 Mei 2024, tim dosen Unimed melaksanakan kegiatan sosialisasi pengenalan program dan memberikan serah terima peralatan masak yang digunakan untuk menfasilitasi peserta panti rehab bantara dalam pengembangan usaha. Adapun pengenalan Program dibawakan langsung oleh Tim PKM Unimed yang diwakili oleh Ibu Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah yang dilakukan dosen Unimed peduli akan sesama keluarga kita yang sedang menjalankan rehabilitas, kegiatan ini juga menjadi sebuah dorongan dan memfasilitasi pengembangan usaha yang dapat meningkatkan pendapatan ekonomi peserta, sehingga mereka dapat mencapai kemandirian finansial dan mengurangi ketergantungan pada dukungan eksternal.


Setelah memperkenalkan kegiatan kepada peserta, Ibu Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd menyerahkan peralatan masak kepada pengurus Panti Rehabilitas. Adapun peralatan yang diserahkan yaitu 1 (satu) Saringan, 1 (satu) Spatula, 1 (satu) Talenan Primera, 1 (satu) Kuali 15 A, 1 (satu) Miyako PSG-607, 1 (satu) Sainless 30, 1 (satu) Sainless 34, 1 (satu) Kukusan 26 Hallo, 1 (satu) Selang+ Reg. Miyako, 1 (satu) Tabung Gas 3kg, 1 (satu) Kompor Gas Rinnai, 3 (tiga) buku menu Isi Piringku, dan 1 (satu) Steling.


Pada tanggal 6 Juni 2024, tim dosen Unimed melaksanakan kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi untuk Anak Panti Rehabilitas. Kegiatan ini diikuti oleh 30 Peserta yang terdiri dari Residensi Panti Rehabilitas, Perangkat Panti Rehab, Penguru PKK Desa Percut, dan  Ibu-Ibu Sekitar Panti Rehab. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu Bapak Ramsul Nababan, S.H., M.H dan Bapak Dr. Parlaungan Gabriel Siahaan, S.H., M.Hum.


Kegiatan ini diawali dengan penampilan dari anak-anak pantti rehabilitasi Yayasan Bantara berupa Mars Yayasan Bantara dan Sholawatan. Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ramsiah, S.Pd, Pimpinan Panti Rehab Bantara. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak Unimed yang telah memberikan pendampingan kepada anak-anak panti rehabilitasi di Yayasan Bantara. Pihak panti merasa sangat senang dengan kehadiran Bapak/Ibu dari Unimed. Beliau juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, dan mengharapkan Unimed untuk terus melaksanakan kegiatan yang dapat mengembangkan Yayasan Bantara.


Acara selanjutnya yaitu Kata sambutan oleh Ketua Pelaksana PKM yaitu Dr. Surya Dharma, S.Pd., M.Pd. beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang menjadi langkah Dosen Unimed peduli akan anak-anak yang menjadi korban kasus narkoba. Ini bukan kali pertama pendampingan yang diberikan oleh Unimed kepada Yayasan Bantara. Namun menjadi kegiatan pendampingan yang kedua sebagai tindak lanjut dari kegiatan pertama. Beliau menyampaikan bahwa semoga kegiatan ini dapat menjadi dorongangan pengembangan jiwa kepemimpinan dan kreativitas peserta, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan dalam dunia usaha dengan lebih baik dan menciptakan inovasi yang relevan dengan pasar.


Acara selanjutnya adalah penyampaian materi yang melibatkan dua narasumber. Narasumber pertama adalah perwakilan dari Yayasan Bantara yang membawakan materi dengan tema “Filosofi Berdirinya Yayasan Bantara”. Narasumber kedua adalah tim dari Unimed yaitu Dr. Jufri Dharma, M.Si., Akt yang memberikan penguatan terkait pentingnya jiwa kewirausahaan pada manusia.


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktek demo memasak dalam Membuat menu makanan sehat yaitu Ayam Masak Kecap, Bakwan Sayur, dan Sup Bayam Jagung. Kegiatan ini dipandung langsung oleh Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd dengan didamping oleh ahli masak yang diundang langsung oleh Tim PKM Unimed. Narasumber menjelaskan mulai dari bahan-bahan yang digunakan, proses dan cara pengelolaan pembuatan makanan sampai penyajian.( Humas Unimed)


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama