Inacraft 2024 Dorong Generasi Muda Berkarya di Kerajinan dan Seni Budaya

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Pameran tematik kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara atau Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 mendorong generasi muda Indonesia berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya. Pameran ini diprakarsai Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) bekerjasama dengan Mediatama Event.



Sekjen Asephi, Baby Jurmawati mengatakan Inacraft on October Vol.3 akan menghiasi bulan Oktober para pecinta craft dan fesyen yang akan diselenggarakan pada 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta. 


"Pada edisi ketiga Inacraft on October di tahun 2024 ini akan lebih memantapkan konsep Youthpreneurs sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kami pada generasi muda dengan memberikan wadah serta kesempatan seluas-luasnya kepada para pelaku usaha muda demi meraih peluang pasar agar lebih dikenal dan sukses sebagai generasi penerus untuk menjaga kekayaan budaya Indonesia," katanya di Jakarta, Senin (22/7/2024). 


Oleh sebab itu, Inacraft on October Vol.3 tahun ini kembali mengangkat tema Youthpreneurs, Make It At Market dengan tagline Totally Different.


Ketua Umum Asephi, Muchsin Ridjan menjelaskan melalui kurasi peserta pameran yang ketat serta adanya pembagian zona berdasarkan jenis produk (zoning product), pihaknya berharap akan memudahkan pembeli dalam mencari produk-produk berkualitas di area pameran. 


"Selain adanya zonasi, Inacraft kali ini juga menyajikan berbagai kegiatan pendukung lainnya (insight program) yang disesuaikan dengan gen-Z yang ingin eksplor lebih jauh terkait dunia kerajinan dan seni budaya, sekaligus memperluas bisnis dan jaringan pasar," papar dia. 



Sebagai bentuk pra acara dari Inacraft on October 2024, Asephi membuka pendaftaran untuk Youthpreneur Calling Tenant. Dengan begitu para perajin muda (artisan) yang telah dikurasi diberikan wadah berupa area display gratis untuk ikut memamerkan produk pada pameran di area lobi utama. Melebihi harapan, peminat dari kurasi youthpreneurs ini mencapai 200 kandidat dengan jumlah 183 kandidat yang memenuhi persyaratan. 


Tim kurator dan panitia telah memilih delapan youthpreneurs dengan tambahan tiga orang yang direkomendasikan sebagai pop culture youthpreneurs.


Selain Youthpreneur Calling Tenant, pendaftaran INACRAFT Model Hunt dan Young Fashion Design Competition sudah dibuka dan sedang dalam proses pencarian kandidat, dimana nantinya para kandidat juga akan melalui tahap kurasi terlebih dahulu yang kemudian akan dinilai oleh para kurator.


Sementara, Direktur Mediatama Event Umi Noor Wijiati menjelaskan persiapan direncanakan akan menempati seluruh areal Balai Sidang Jakarta Convention Center seluas 25.000 m2. Untuk target total peserta individu atau anggota Asephi sebanyak 815 peserta, sementara untuk peserta Dinas/Kementerian/BUMN dan non anggota sebanyak 120 peserta. 


Selain itu, terdapat 23 kelompok dengan satu ikon serta stand Talam Inacraft sebanyak 74 peserta. Melihat situasi ekonomi global, panitia tetap optimis dan menargetkan transaksi selama pameran sebesar Rp 150 miliar dengan kontrak dagang diharapkan mencapai USD 1,2 juta. Selain menyediakan transportasi dan fasilitas lainnya, target pengunjung dengan tiket masuk Rp 25.000 adalah 100.000 pengunjung.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama