Dosen PGSD Unimed Gelar Pengabdian Masyarakat Tentang Penggunaan Teknologi Pintar

MEDAN, suarapembaharuan.com - Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat PGSD FIP Unimed mengadakan kegiatan workshop penggunaan teknologi pintar pada Kurikulum Merdeka yang diadakan di SDN 105285 Tandam Hilir I, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 13 Juli 2024.  



Tim pekasana kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat ini diketuai oleh Dr. Halimatussakdiah, S.Pd., M.Hum, dengan anggota Muharrina Harahap, S.S., M.Hum, Elvi Mailani, S.Si., M.Pd, Fahrur Rozi, S.Pd., M.Pd dan Dr. Khairunnisa, M.Pd serta mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP UNIMED. Selain tim pelaksana kegiatan PKM, kegiatan ini juga dihadiri oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah dari ketiga sekolah di Kecamatan Hamparan Perak. 


Ketua pengabdian mengucapkan terima kasih kepada pengawas sekolah yang telah hadir pada kegiatan workshop dan pihak sekolah SDN 105285 Tandem Hilir I, SDN 101756 Tandem Hilir I, dan SDN 106155 Tandem Hilir I yang menyambut kegiatan workshop ini dengan semangat dan penuh antusias. 


Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan guru dalam penggunaan teknologi pintar yang meliputi berbagai website AI bahkan aplikasi yang dapat menjadi wadah guru di sekolah SDN 105285 Tandem Hilir I, SDN 101756 Tandem Hilir I, dan SDN 106155 Tandem Hilir I dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Kegiatan ini berfokus dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi modul ajar, media ajar dan LPDP/LKS dengan menggunakan Canva, Kahoot dan Wordwall yang diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dan siswa di SDN Kecamatan Hamparan Perak khususnya Desa Tandem Hilir. 


Kegiatan ini dilakukan secara bertahap untuk melihat guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan teknologi pintar disesuaikan dengan mata pelajaran yang diterapkan oleh masing-masing guru.  


Dalam sambutan yang diberikan oleh pengawas sekolah Kecamatan Hamparan Perak yaitu Ibu Inda Lorena Br Tarigan, S.Pd, berharap para guru sungguh-sungguh dalam mengikuti workshop tersebut dan dapat diterapkan kegiatan tersebut dikemudian hari yang dilaksanakan di kelas masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik pada peningkatan kompetensi guru dalam mengajar yang dapat menerapkan Canva, Kahoot dan Wordwall sebagai alat pendukung dalam mengajar dan mendukung penerapan Kurikulum Merdeka dengan lebih baik. 


Akhir kata, tim PKM PGSD FIP Unimed mengucapkan terima kasih kepada LPPM Unimed atas dukungan dan fasilitasinya, sehingga terselesaikannya kegiatan ini dengan baik. Semoga kerjasama yang telah terjalin dapat terus berlanjut dan dapat membawa manfaat yang besar bagi dunia pendidikan.


Kategori : News


Editor      : PAS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama