Dukung Program Susu Gratis, Mazhak Bangun Pabrik Tangki Stainless di Bekasi

JAKARTA, suarapembaharuan.com – PT Mazhak Teknik Indonesia (Mazhak) membangun pabrik tangki stainless terbesar se-Asia Tenggara di Kawasan Industri Setiadarma, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Nantinya, tangki stainless yang diproduksi itu dapat mendukung program Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dalam pemberian susu gratis.


Foto: Direktur Utama PT Mazhak Teknik Indonesia, Endun Sudama, melaksanakan peletakan baru pertama di Kawasan Industri Setiadarma, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/6/2024).

Pembangunan pabrik di lahan seluas 4,2 hektare ditargetkan selesai pada akhir 2025 dan mampu memproduksi sekitar 30 unit tangki stainless per bulannya. Mazhak mengutamakan perpaduan sumber daya padat karya dan teknologi.  


Mazhak berdiri sejak 2017 lalu dengan spesialisasi fabrikasi dan instalasi peralatan yang higienis digunakan di bidang industri susu, minuman, makanan, obat sirup hingga “skin care”. Mazhak mengalami perkembangan pesat sejak 2019 yang ditandai dengan kegiatan ekspor maupun pasar dalam negeri.


“Bisnis kita fokus di bidang higienis. Dan, di Asia Tenggara belum ada perusahaan sebesar kita makanya kita menyebut terbesar di Asia Tenggara,” kata Direktur Utama PT Mazhak Teknik Indonesia, Endun Sudama, usai peletakan baru pertama (“groundbreaking”) di Kawasan Industri Setiadarma, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/6/2024).


Tak tanggung-tanggung, Mazhak bakal menggelontorkan dana investasi sekitar Rp 1,5 triliun dengan target “break event point” (BEP) pada tahun ketiga hingga tahun kelima.


Penjualan produk tangki stainless akan menyasar pangsa pasar di luar negeri dengan porsi 60 persen dan dalam negeri 40 persen. Negara-negara Asia Tenggara yang sudah menjalin kerja sama dengan Mazhak, yakni Singapura, Thailand, Vietnam. “Kita juga akan merambah ke Timur Tengah, Eropa yang membutuhkan produk seperti kita yang berkualitas tinggi dan higienis,” imbuhnya.



Tantangan bisnis ke depan, kata dia, produk Mazhak akan masuk ke pangsa pasar di benua Amerika. “Jadi, hampir setiap negara sebetulnya butuh produk kita karena berhubungan dengan industri makanan dan minuman yang di setiap negara pasti ada pabriknya,” ungkapnya.


Pangsa pasar di dalam negeri, hampir di seluruh Indonesia seperti Maluku, Batam, Pekanbaru, Kalimantan Tengah.


Dalam perkembangannya, PT Mazhak Teknik Indonesia sejak 2017 menempati lahan seluas 300 meter persegi (m2). Lalu, pada 2020 menempati lahan dan fasilitas produksi seluas 3.000 m2 dan kini akan dibangun pabrik dengan luas mencapai 4,2 hektare lebih.


“Kita akan menyerap material stainless dari lokal. Program hilirisasi pemerintah. Target jangka panjangnya, kita akan akuisisi mulai dari hulu hingga ke hilir,” pungkasnya. 


Tangki stainless produksi PT Mazhak Teknik Indonesia merupakan salah satu komponen penting dalam produksi di sektor industri makanan, minuman, farmasi hingga kosmetik. (MAN)


Kategori : News


Editor     : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama