Mau Tau Arah Dukungan PSI di Pilpres 2024? Ini Bocorannya

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Sejak putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep didapuk menjadi Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), beragam spekulasi muncul mengenai arah dukungan politik PSI dalam kontestasi Pilpres 2024. 



Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dedek Prayudi membocorkan arah dukungan politik partai yang mengklaim partainya kaum muda. Bocoran itu disampaikan dalam Diskusi Publik Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bertajuk “Mencari Capres Ideal untuk Pembangunan Berkelanjutan” yang digelar di Jakarta, pada Rabu 11 Oktober 2023. 


“Yang pasti, kita selalu meminta nasihat kepada Presiden Jokowi dan beliau selalu menyampaikan ojo kesusu. Sejauh ini Ketua Umum kami, Bro Kaesang masih dalam tahap melakukan penjajakan komunikasi politik sekaligus menyerap aspirasi para pengurus daerah. Tetapi di internal, kami telah membahas skenario yang telah mengerucut yaitu antara mendukung Pak Ganjar atau Pak Prabowo atau skenario menjomblo,” terangnya. 


Ia melanjutkan, ini PSI memang belum menentukan sikap resminya. Akan tetapi setiap kader itu bebeas mengekspresikan dukungan politiknya sebagai invididu yang merdeka.   


“Mau mendukung Ganjar Pranowo atau Prabowo ya silahkan saja. Saya sendiri sebagai invividu mendukung Mas Ganjar dan Ketum PSI, Bro Kaesang juga sudah tahu. Tetapi, kami sampaikan hanya di forum LPI ini, bahwa nanti begitu saatnya DPP mengeluarkan keputusan politiknya kami berharap semua pengurus dan kader partai bisa mematuhi apapun keputusannya serta tidak terbawa emosi. Tapi bocorannya, setidaknya ada tiga kriteria penerus Presiden Jokowi. Pertama, kedekatan ideologis dengan PSI karena kami anti korupsi, terlebih terhadap gerakan intoleransi. Kedua, aspek psikologis. Ya kita akan melihat perihal kenyamanan ketika berinteraksi, berkomunikasi dalam membangun koalisi nantinya. Ketiga, komitmennya untuk meneruskan agenda pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi,” ulasnya. 


Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan, Peneliti Senior BRIN, Prof. Dr. Firman Noor, S.I.P, MA, Wakil Ketua Umum DPP Perindo, Dr. H. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Pakar Kebijakan Publik dari Wellbeing Institute, Dr. Asep Kususanto, Analis Ekonomi dan Politik Mardyanto, dan praktisi media dari Akurat.co, Ratu Tiara.  


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama