JAPFA Chess Festival 2023, Dewi AA Citra Jaga Asa Juara

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Pecatur putri Indonesia WGM Dewi AA Citra (2256) membuka peluang tampil sebagai juara dwi tarung internasional catur standar Japfa Chess Festival 2023, setelah memetik kemenangan atas pecatur Vietnam, WGM Nguyen Thi Mai Hung (2226), pada pertandingan babak ke-5, yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta, Sabtu (21/10/2023).



Hasil tersebut membuat pecatur yang memiliki nama lengkap Dewi Dewi Ardhiani Anastasia Citra kini unggul 3 VP-2 VP atas Nguyen Thi Mai Hung. Dewi hanya membutuhkan hasil remis pada pertaningan babak ke-6 atau babak terakhir, hari ini Minggu (22/10/2023).


Pertandingan antara Dewi vs Mai Hung berlangsung alot, Dewi yang memainkan bidak hitam bahkan sempat tertekan dari lawannya itu, namun pecatur kelahiran Kalimantan Utara yang kali ini mampu membalikkan keadaan dan berhasil memenangkan pertandingan pada langkah ke-90.


“Saat unggul dua bidak dan posisi Raja lawan jauh dari petak promosi di C1 seharusnya saya bisa menang lebih cepat. Tapi saya sempat melakukan kesalahan dan membuka peluang buat lawan memaksakan remis. Saya beruntung karena lawan melakukan kesalahan dengan menggeser Rajanya ke B1 yang memberi saya peluang untuk memenangkan pertandingan,” ungkap Dewi seusai pertandingan.


Pada pertandingan dwi tarung internasional secara online antara pecatur Indonesia WCM Theodora Paulina Walukow (1735) melawan pecatur Filipina WGM Janelle Mae Frayna (2141), mutlak dikuasi pecatur Filipina. Hingga babak ke-7, Sabtu (21/10) Theodora tertinggal jauh dalam perolehan poin dari Janella 1,5 VP – 5,5 VP. Kedua pecatur masih akan memainkan partai terakhir atau babak ke-8 lewat permainan Blitz Chess atau catur kilat.



GM Susanto Megaranto Masih Memimpin


Sementara itu GM Susanto Megaranto (2540) masih tetap memimpin pada klasemen Katagori Open JAPFA Chess Festival 2023. Hingga babak ke-7 pecatur asal Jawa Barat menayou bersih kemenangan, dengan torehan 7 VP, setelah menundukan pecatur Jawa Barat lainnya, NM Nuh Hakim Perwiratama (2216).


Di babak ke-8 yang akan berlangsung Minggu (22/10) Susanto ditantang pecatur DKI Jakarta, IM Azarya Jodi Setyaki (2364). Jodi yang juga putra dari mantan pecatur putri andalan Indonesia, Lisa Lumongdong itu telah mengemas 6 VP, setelah pada pertandingan babak ke-7 meraih poin kemenangan atas pecatur asal Papua, NM Fikrul Saefudin (2130).


Pertandingan ini bakalan menarik, bisa saja Jodi mampu mengehntikan laju kemenangan Susanto, terlebih lagi Jodi berpeluang menapaki klasemen teratas dengan selisih satu poin dari Susanto.


Partai menarik lain di Kategori Open akan mempertandingkan IM asal Jawa Barat Dede Liu (2304) melawan IM Danny Yuswanto (2386) asal Banten. Kedua pecatur ini sama-sama mengemas 6 VP, bersama Jodi mereka bersaing mengejar perolehan poin Susanto Megaranto di puncak klasemen dengan 7 VP.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama