472 Pecatur Ramaikan JAPFA Chess Festival ke-13

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Turnamen JAPFA Chess Festival ke-13 Tahun 2023 resmi dibuka oleh Menpora Dito Ariotedjo yang diwakili Asdep 4 Kemenpora Muhamad Aziz Arianto di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta, Rabu (18/10/2023). Nantinya diharapkan banyak melahirkan bibit pecatur andal Indonesia yang mampu berbicara di level international.



Pada sesi pembukaan hadir Wakil Ketua Umum PB Percasi Ichsan Sulistyo mewakili Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto, Wakil Ketua Umum Percasi Bidang Organisasi, Abdul Rivai Ras, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Kristianus Liem dan jajaran pengurus lainnya. Festival ini bakal berlangsung mulai 18-22 Oktober.


Turut hadir Direktur Corporate Affairs PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk Rachmat Indrajaya dan Vice President Head of Social Investment Japfa R Artsanti. 


Pada sambutannya Asdep 4 Kemenpora Muhamad Aziz Arianto menyampaikan harapannya bahwa kejuaraan ini akan melahirkan prestasi catur yang maksimal untuk kejayaan bangsa dan negara.


Arianto menekankan pentingnya kelancaran pelaksanaan kejuaraan ini untuk meningkatkan prestasi catur. Ia juga mencatat bahwa catur adalah cabang olahraga yang sangat dikenal di kalangan masyarakat, dengan pecatur yang umumnya dianggap sebagai individu pintar.


Meskipun prestasi catur Indonesia pada Asian Games sebelumnya berada di urutan kelima, Arianto optimistis bahwa prestasi ini akan terus meningkat di masa mendatang.


"Kejuaraan JAPFA Chess Festival 2023 diharapkan menjadi sarana bagi semua pemain catur untuk mencapai prestasi terbaik mereka dan mendukung perkembangan catur di Indonesia," ucap Arianto.


Hal senada dikatakan Direktur Corporate Affairs PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk Rachmat Indrajaya. Sebagai olahraga yang digemari sebagian besar masyarakat Indonesia catur patut didukung. Karena itu selama lebih dari 24 tahun sejak 1999 PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk terus mendukung pembinaan catur di Indonesia.


"Selain dari sisi prestasi olahraga, olahraga catur juga memberikan kontribusi penting dalam mencetak sumber daya manusia Indonesia yang cerdas. Karena dengan bermain catur kemampuan berpikir, kemampuan menganalisa juga daya ingat kita semakin tajam," kata Rachmat.


Selain berkomitmen untuk terus mendukung pembinaan catur yang dilakukan PB Percasi, PT Japfa Comfeed Indonesia juga berupaya untuk terus menghadirkan inovasi untuk menyemarakkan Japfa Chess Festival. 


"Misalnya tahun ini kita menghadirkan robot catur di tengah arena pertandingan dan ini menjadi kolaborasi antara pihak JAPFA dengan Universitas Gunadarma selaku pencipta robot pintar tersebut," ujar Rachmat Indrajaya.


Wakil Ketua Umum PB Percasi Ichsan Sulistyo mewakili Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang tak henti-hentinya mendukung catur. 


"Untuk itu, saya atas nama PB Percasi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang selalu mendukung pembinaan catur. Semoga dukungan yang diberikan dapat menghasilkan prestasi terbaik," kata Ichsan Sulistyo. 


Sebelumnya dalam laporannya Ketua Panitia Japfa Chess Festival ke-13 yang juga Sekretaris Jenderal PB Percasi Henry Hendratno mengatakan event ini disambut antusias oleh para pecatur dari seluruh Indonesia. Tercatat ada 472 peserta dari 25 provinsi yang ambil bagian. 


Japfa Chess Festival mempertandingkan 13 katagori. Mulai dari junior sampai veteran 55 tahun ke atas, antara perusahaan atau instansi, antarmedia, master dan non-master hingga dua dwitarung internasional yang mempertemukan dua pecatur putri Indonesia dengan pecatur mancanegara. 


Dwitarung pertama, Grand Master Wanita (GMW) Dewi AA Citra melawan pecatur Vietnam GMW Nguyen Thi Mai Hung. Keduanya bertanding dalam format catur standar selama 6 babak.


Kemudian dwitarung kedua, Theodora Walukow versus GMW dari Filipina Janelle Mae Frayna. Mereka bertanding selama 8 babak yang terdiri dari 2 babak catur kilat 3 menit plus increament 3 detik dan 6 babak catur cepat 10 menit plus increament 15 detik.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama