Kembangkan Intelektual dan Karakter Lewat Festival Catur Pelajar Nasional BPK Penabur 2023

TANGERANG, suarapembaharuan.com - Persiapan Festival Catur Pelajar Nasional (FCPN) BPK Penabur 2023 sudah dimulai. Pendaftaran yang telah dibuka sejak 1 Agustus kemarin dan akan ditutup pada 2 September, karena babak penyisihan dimulai pada 9 September mendatang secara onsite di cluster masing-masing. 



Kepala Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Lisa Karlina Lumongdong, menekankan pentingnya koordinasi seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan FCPN agar bisa berjalan lancar dan sukses. 


"Setelah sosialisasi dan arahan ini, kita akan menyelenggarakan coaching clinic untuk membekali anak-anak sebelum turnamen catur," kata Lisa di Tangerang, Sabtu (19/8/2023). 


Dia juga berharap akan ada talkshow dengan nara sumber ahli terkait catur. Tujuannya bukan hanya mempromosikan catur, tetapi juga mengembangkan intelektual dan karakter anak-anak melalui catur.


Direktur Pelaksana Operasional Yayasan BPK Penabur, Jap Tjui Tjiu, menjelaskan bahwa ajang FCPN ini merupakan kesempatan emas untuk mengenalkan sekolah ke publik secara lebih luas lagi. 


"Event ini bukan sekadar lomba. Kita juga bisa memanfaatkannya sebagai sarana mengenalkan BPK Penabur sebagai lembaga pendidikan yang konsen dengan perkembangan peserta didik baik secara akademik maupun non akademik. Dengan kegiatan ini, diharapkan menjadi salah satu ciri khas BPK Penabur," paparnya. 



Ketua Umum Yayasan BPK Penabur, Adri Lazuardi, menuturkan Festival Catur Pelajar Nasional 2023 kali ini memiliki nuansa berbeda. Pihaknya bakal melibatkan empat klaster atau kota seperti Bandar Lampung, Bandung, Cirebon dan Jakarta. 


"Menariknya dilakukan dengan enam venue yakni Kompleks Perintis Bandar Lampung, SMAK 1 dan Kompleks Holis Bandung, Kompleks Cipto Cirebon, SMAK 1 dan SMAK Harapan Indah Jakarta. Ini bukanlah tugas yang mudah," papar dia. 


Adri berharap FCPN 2023 ini dapat meninggalkan kesan mendalam bagi seluruh Indonesia, tidak hanya bagi peserta, tapi juga bagi semua yang hadir. Dengan adanya Festival Catur ini bisa memacu semangat para pelajar untuk bersinar di FCPN tingkat nasional dan bertemu dengan pemain-pemain top nasional. 


"Kita semua harus bekerja sama dengan baik, berkoordinasi, berkonsolidasi, dan berkolaborasi untuk kesuksesan FCPN 2023," ungkap Adri.


Diharapkan Festival Catur Pelajar Nasional BPK Penabur 2023 dapat berjalan lancar dan meninggalkan dampak positif bagi seluruh peserta dan stakeholders terkait.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama