348 Atlet dari 6 Provinsi Adu Ketangkasan di Pra PON Zona B

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Sebanyak 348 atlet dari enam provinsi di wilayah Pulau Jawa bertarung adu ketangkasan dalam kompetisi barongsai Pra PON (Pekan Olahraga Nasional) Zona B. 



Babak kualifikasi Pra PON Aceh Sumut 2024 Zona B (Pulau Jawa) resmi dibuka di Pluit Village, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Ajang ini akan diselenggarakan selama dua hari hingga besok Minggu (20/8/2023). 


Enam provinsi Pulau Jawa tersebut adalah adalah DKI Jakarta sebagai tuan rumah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten dan DI Yogyakarta. 


Ketua Panitia Pelaksana Pra PON, Alvin Kennedy mengatakan Pra PON 2024 Zona B ini terdapat tujuh nomor yang dipertandingkan. Tujuh nomor tersebut adalah Barongsai Taolu Bebas, Barongsai Tradisional, Pekingsai Taolu Bebas, dan Pekingsai Kecepatan. Disusul nomor Naga Taolu Bebas, Naga Kecepatan, Naga Halang Rintang.  


"Semuanya dipertandingkan dengan regulasi internasional," katanya kepada wartawan. 


Ketua Umum Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) DKI Jakarta yang ditunjuk sebagai tuan rumah, Hilda Kusumadewi, mengaku sangat bangga ditunjuk sebagai tuan rumah untuk pertama kalinya. Apalagi ini menjadi tonggak sejarah karena cabang olahraga (cabor) barongsai untuk pertama kalinya dipertandingkan di PON. 



"Semoga kualifikasi Pra PON pertama ini bisa berjalan lancar. Mari kita tetap optimis. Siapapun yang menjadi juara, mari junjung tinggi slogan kita bertanding untuk bersanding. Kita keluarga besar FOBI yang bisa membawa FOBI berprestasi di nasional dan internasional," paparnya saat memberikan sambutan pembukaan Pra PON 2024 Zona B.


Hilda Kusumadewi menargetkan atletnya bisa menjadi juara umum pada kompetisi barongsai ini, sehingga bisa mengirimkan perwakilan atlet sebanyak-banyaknya pada PON Aceh Medan pada 2024 mendatang. 


Ketua Umum Pengurus Besar (PB) FOBI, Edy Kusuma, mengucapkan selamat bertanding kepada para atlet yang berlaga. Dia berharap semua atlet menjunjung sportivitas untuk meraih posisi terbaik layak bertanding di PON Aceh-Sumut. 


"Ini pertama kalinya cabor Barongsai dipertandingkan di PON. Ini tonggak sejarah. Untuk itu saya mengajak semua pihak menjadikan momentum ini menjadikan FOBI kebanggaan Indonesia," pungkasnya.


Selain Zona B, Pra PON 2024 cabor Barongsai juga dipertandingkan di Pekanbaru, Riau, yang jadi tuan rumah Zona A. Lalu Pontianak yang ditunjuk sebagai tuan rumah Zona C.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama