Tokoh Masyarakat Sumut Yakin Kapoldasu Bisa Atasi Tantangan Kamtibmas

MEDAN, suarapembaharuan.com - Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi diyakini mampu mengatasi tantangan Kamtibmas di Sumatera Utara, seperti persoalan begal dan narkoba yang mengemuka belakangan ini.


Ist

"Kita menyambut dan bersukacita atas penugasan beliau, dan sepenuhnya yakin akan mampu mengatasi berbagai persoalan yang ada mengingat latar belakang beliau sebagai perwira tinggi dengan kemampuan mumpuni dan pengalaman yang luas," ujar tokoh masyarakat Sumut, Dr RE Nainggolan, MM saat diminta tanggapannya oleh media, Selasa (25/7/2023) di Medan.


Sosok birokrat yang pernah dipercaya menjadi Sekdaprovsu itu mengatakan gerak cepat Kapolda yang langsung menetapkan lima program prioritas menunjukkan karakter dan fokus yang tajam.


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kapolda sudah menetapkan agenda kerja yang bertema "Polri Presisi Untuk Masyarakat Sumatera Utara Maju" yang meliputi penanganan area publik yang aman dan nyaman (premanisme), narkotika musuh bersama, percepatan penanganan program prioritas pemerintah, penguatan sistem pembinaan internal, dan pemilu damai.


"Kita menghadapi banyak masalah, dan benar semuanya butuh penanganan. Akan tetapi, dengan segala keterbatasan kita perlu menetapkan prioritas, mana yang paling penting dan urgen ditangani. Sebab jika semua dijadikan prioritas, itu artinya tidak ada prioritas," ujarnya.


RE Nainggolan yang juga pernah menjadi Bupati Tapanuli Utara itu secara khusus mengapresiasi penekanan Kapolda untuk secara khusus mengamankan area publik dan menjadikannya nyaman, bagi semua orang. "Dalam pernyataan resmi, kita tahu Kapolda berkomitmen menurunkan aksi kejahatan jalanan, pengendalian premanisme kejahatan jalanan dan ketertiban umum," katanya.


Selain soal keamanan, Poldasu juga bertekad akan mengintensifkan pengungkapan jaringan, bandar dan penanganan pengguna narkoba sehingga Sumatera Utara bebas narkoba.


Selain itu, tim percepatan penanganan program prioritas pemerintah akan dibentuk untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dalam mempercepat transformasi ekonomi di Sumatera Utara.


Untuk penguatan sistem pembinaan internal, Polda Sumut akan meningkatkan kepuasan kerja personel dan peningkatan kinerja personel.


Pada Pemilu damai 2024, Polda Sumut akan melaksanakan pengamanan tahapan kegiatan pemilu, cooling system dan penyiapan pengamanan menghadapi eskalasi gangguan.


Pada bagian lain, RE kembali menegaskan lima prioritas tersebut pada akhirnya saling terkait dan akan menciptakan keamanan dan situasi yang kondusif, dan pada akhirnya mendukung bangkitnya perekonomian," katanya.


Pemetaan

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi akan memetakan wilayah yang rawan terjadinya aksi kejahatan di Provinsi Sumatera Utara.


"Saya akan mengerahkan seluruh staf, PJU dan Kasatker di jajaran Polda Sumut untuk memetakan apa yang dilakukan serta bagaimana mengelola keamanan, ketertiban di wilayah Sumatera Utara," ucapnya.


Agung menyakini masyarakat Sumut saat ini telah mendambakan kepolisian yang bisa menciptakan area publik menjadi aman dan nyaman.


"Harapannya, hal itu dapat menggerakkan semua (potensi) untuk memajukan Provinsi Sumatera Utara ini," katanya.


Kapolda Sumut mengajak seluruh anggota untuk meneruskan kebaikan dalam menjalankan tugas. "Kami akan teruskan nilai baik ini di tengah masyarakat dalam menjalankan tugas," jelas Agung.


Kabid Humas menambahkan program lima prioritas yang telah dibuat Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya akan diimplementasikan melalui rencana aksi di setiap satuan kerja seluruh Polres jajaran di Sumatera Utara.


"Para Direktur, Kepala Bidang dan Kapolres akan menjabarkan dalam rencana aksi masing-masing, teknisnya bisa ditanyakan langsung silahkan," kata Hadi.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama