Kementerian PUPR dan PDAM Tirta Bhagasasi Sosialisasi SPAM Jatiluhur I

BEKASI, suarapembaharuan.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melakukan sosialisasi rencana proyek strategis nasional (PSN) Sistem Penyediaan Air  Minum (SPAM) Jatiluhur I. Kali ini, sosialisasi dilaksanakan di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. 


Foto: DAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi dan Kementerian PUPR melakukan sosialisasi pembangunan SPAM Jatiluhur I di Kecamatan Tarumajaya, Senin (19/6/2023). (SP)

Kepala Bagian Perencanaan Teknik PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi,  Rika Nur Santika, mengungkapkan, Kementerian PUPR akan membuat penampungan air (reservoir) di Kecamatan Tarumajaya guna memenuhi pelayanan air bersih kepada masyarakat setempat. 


Reservoir berkapasitas 2.500 meter kubik (m3) akan disertai jaringan distribusi utama (JDU) mulai dari instalasi pengolahan air (IPA) dari Poncol, Kota Bekasi hingga ke Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. 


Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan menambah satu reservoir dengan kapasitas 2.500 m3. Kedua reservoir itu, dapat menampung air bersih sebanyak 100 liter per detik. Pembangunan reservoir Kementerian PUPR ditargetkan selesai pada Agustus 2024 mendatang. 


Dengan beroperasinya SPAM Regional Jatiluhur I,  PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi sangat terbantu dalam penyediaan air bersih kepada masyarakat.


“Target pemenuhan cakupan air bersih di Kabupaten Bekasi  mencapai 60 persen pada 2024 mendatang, kami optimistis  dapat tercapai. Apalagi, dengan adanya SPAM Regional Jatiluhur I ini,” ujar Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim di tempat terpisah.


SPAM Regional  Jatiluhur I ini memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur, Jawa Barat, yang disalurkan melalui Kalimalang (Tarum Barat).


SPAM Regional Jatiluhur I  akan melayani air bersih untuk masyarakat di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bogor serta Jakarta. (MAN)


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama