Jokowi Resmikan Bandara Kuabang di Halmahera Utara

HALMAHERA, suarapembaharuan.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya  meresmikan Bandara Kuabang, kebanggan masyarakat di Kecamatan Kao, Halmahera Utara, Rabu (24/3/2021).


Istimewa

Setelah diresmikan, Bandara Kuabang yang berada di atas lahan 3.500 meter persegi, dan mampu menampung sekitar 160 ribu penumpang setiap tahun, dapat melayani perbangan reguler.


Menurut Jokowi, keberadaan Bandara Kuabang akan meningkatkan daya saing, ikut berkompetisi serta mempermudah masyarakat menjangkau Kabupaten Halmahera Utara.


Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jokowi menyampaikan, kehadiran bandara ini akan membuat banyak orang maupun wusatawan yang akan datang untuk mengunjungi daerah tersebut.


"Pertumbuhan ekonomi akan ikut terkatrol seiring dengan adanya bandara ini. Jadi saya menyambut baik, alhamdulillah terminal penumpang di Bandara Kuabang siap digunakan untuk mendunkung aktivitas masyarakat," katanya.


Jokowi juga menginstruksikan Menhub maupun dirjen perhubungan supaya segera mengatur layanan penerbangan reguler dari dan menuju Kuabang. Jokowi memerintahkan disiapkan minimal dua kali flight tujuan Kuabang.


Menhub Budi Karya menjelaskan, Bandara Kuabang melengkapi keberadaan Bandara Sultan Babullah di Ternate. Seperti diketahui, layanan penerbangan di Bandara Sultan Baabullah kerap terganggu saat ada aktivitas vulkanik dari Gunung Gamalama dan Gunung Dukono yang ada di dekat bandara.


"Bandara Kuabang ini satu bandara yang saling melengkapi dengan Bandara Sultan Baabulah Ternate. Bandara ini dibangun atas dukungan Gubernur (Maluku Utara), Bupati (Halmahera Utara dan masyarakat," ulas Budi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama