Belasan Nakes Demo Karena Dana Insentif Tidak Diberikan Selama 10 Bulan

MEDAN - Belasan tenaga kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi Medan melakukan aksi demo karena selama 10 bulan belum menerima dana insentif dalam penanganan Covid-19, Rabu (10/2/2021).





Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD), kalangan nakes yang tidak menerina dana insentif sejak bulan Mei 2020 tersebut, menuntut pihak rumah sakit maupun pemerintah untuk memenuhi tuntutan.



"Kami hanya meminta hak kami. Tolong perhatikan nasib kami. Soalnya, setiap hari kami bekerja di tengah pandemi Covid-19, termasuk membantu pasien Covid-19," ujar salah seorang nakes, Boala Zendrato. 



Boala Zendrato mengungkapkan, selama melaksanakan tugas dalam menangani pasien Covid-19, mereka tidak pernah menolak perintah dari atasan. Semua nakes bekerja maksimal mengikuti arahan pimpinannya.



"Kami hanya menerima dana insentif penanganan Covid-19 pada bulan Maret dan April 2020. Setelah itu dan sampai sekarang ini, kami tidak pernah lagi menerima dana insentif dari pemerintah," katanya.



Boala Zendrato menyampaikan, pihaknya sudah berulangkali mempertanyakan masalah dana insentif tersebut. Namun pihak rumah sakit hanya memberikan janji untuk segera menurunkan hak belasan nakes itu. 



"Faktanya sampai saat ini, dana insentif itu tidak kunjung direalisasikan. Kami juga manusia yang mempunyai kebutuhan. Bukan hanya disuruh untuk terus sabar. Jangan hanya dijanjikan terus," sebutnya.



Erfina Pakpahan, nakes lain rekan Boala Zendrato menyampaikan, pihaknya sudah banyak diberikan janji oleh pimpinan rumah sakit atas pencairan dana insentif pemerintah.



"Kami tidak membutuhkan banyak janji. Kami hanya membutuhkan realiasi. Tolong apa yang menjadi hak kami supaya direalisasikan. Jangan lagi diulur maupun ditunda. Kami membutuhkan dana insentif itu," katanya.



Kabid Pelayanan Medis RSUD dr Pirngadi Medan, dr Risma menyebutkan, pihaknya tidak mengetahui dimana kendala terkait pencairan insentif para nakes ini. Dia mengaku, memang dari bulan Mei sampai Desember 2020 insentif tersebut belum cair.



"Kemarin itu memang sudah dijanjikan Dinas Kalau insentif bulan Mei sampai Desember akan dibayar di bulan Februari 2021. Tapi sampai sekarang belum ada pembayaran. Kita tidak tahu apa kendalanya, tanya kesana lah," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama