1.950 Nakes di Sumut Terpapar Covid-19

MEDAN - Jumlah tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) mengalami peningkatan. Terhitung sejak pandemi, nakes yang terpapar mencapai 1.950 orang.





Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, jumlah nakes yang terpapar itu meliputi dokter, perawat, bidan maupun lainnya. 



"Sebagian di antara mereka terpapar saat dalam melaksanakan tugas. Ini merupakan resiko nakes dalam menanganani pasien Covid-19," ujar Alwi Mujahit, Kamis (11/2/2021).



Alwi mengkhawatirkan, jumlah nakes yang terpapar virus corona untuk ke depannya, bakal semakin bertambah. Potensi ini memungkinkan terjadi akibat lonjakan kasus Covid-19.



"Semakin banyak pasien yang masuk untuk dirawat akibat terpapar Covid-19 maka semakin besar potensi nakes yang bakal terpapar. Sebab, nakes menangani langsung pasien terpapar," katanya.



Menurut Alwi, dibutuhkan kesadaran semua pihak termasuk masyarakat dalam membantu pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung tersebut.



Penambahan kasus terkonfirmasi merupakan bagian dari indikasi masyarakat masih kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. 



"Mari beraama mengikuto lrotokol kesehatan dengan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, dan mengurangi mobilitas,” sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama